Gowes sepeda gunung tentu menyenangkan, tapi kalo gowes dengan Velocipede gimana ya?

Ternyata yang menemukan jenis sepeda ini adalah James Starley. James Starley membuat sepeda di Inggris pada abad 19, yaitu pada tahun 1870. Dia membuat sepeda dimana bentuk roda depan dan belakangnya berbeda. Roda depannya sangat besar (high wheel bicycle), dan roda bagian belakangnya yang sangat kecil. Ia menamai sepeda ini dengan nama “Velocipede”.

Saat itu, sepeda jenis ini sangat popular di kalangan Eropa. Hal ini disebabkan karena Starley berhasil membuat terobosan dalam membuat dan memproduksi roda yang berjari-jari dan metode cross-tangent. Sayangnya sepeda dengan roda besar dan roda kecil itu masih mempunyai banyak kekurangan. Karena sepeda ini kurang cocok dipakai untuk orang yang bertubuh mungil dan wanita. Posisi pedal dan jok nya cukup tinggi, karena itu banyak orang yang mengeluhkan hal tersebut.

Hingga suatu ketika, keponakan Starley mendapatkan solusinya dimana sepedanya lebih aman untuk dikendarai oleh siapapun. Sepeda yang dia temukan sudah mempunyai rantai untuk menggerakkan roda bagian belakang, dan ukuran kedua rodanya juga sudah sama.

Wah, kebayang nda sih gimana rasanya gowes pakai sepeda seperti ini?

 

BACA JUGA:  Tips membeli folding bike dan jenisnya