Tune up sepeda paska liburan

November 14, 2015 - 6 minutes read

Tune up sepeda paska liburan

Setelah jeda libur yang cukup panjang kini Anda siap untuk aktif gowes lagi, tapi mungkin banyak yang berpikir apakah si sepeda kesayangan masih ‘sehat’ setelah ditinggal lama?

Memang penting sekali memastikan bahwa sepeda Anda tetap baik performanya setiap kali akan dibawa gowes, namun lebih baik lagi kalau Anda menyempatkan waktu untuk mengecek kondisi sepeda paska jeda panjang. Bisa saja ada komponen yang mulai longgar atau ban yang sudah kurang angin, dan bahkan ada kerusakan yang memerlukan servis, baik oleh Anda sendiri maupun dengan bantuan profesional.

Artikel ini akan memberikan beberapa tips perawatan berkala dan berkelanjutan bagi sepeda Anda.

Tune Up (Penyetelan) Profesional Berkala:

Kami sarankan untuk membawa sepeda Anda ke Bike Colony untuk pengeceken sekaligus penyetelan menyeluruh pada setiap paska jeda panjang. Dengan cara ini Anda dapat selalu yakin sepeda akan tetap pada performa terbaiknya dan pastinya lebih jadi lebih awet. Kabel-kabel akan merenggang secara alami disebabkan seringnya proses mengerem dan ganti gigi, nah Anda dapat mengecek bagian-bagiannya dan memastikan semua berfungsi normal di Bike Colony.

Tune Up Sendiri:

Bila Anda lebih suka dan memang paham dalam melakukan sendiri proses tune up sepeda, ada tiga bagian yang perlu Anda perhatikan perawatannya sebelum kembali menggowes sepeda kesayangan.

Kabel Perseneling (gir sepeda) – selalu pastikan semua gir bekerja dengan benar dan tidak terjadi gesekan. Namun jika terjadi gesekan, coba kencang-kendurkan rantai dan setel ulang bagian gir belakang (derailleur) hingga gesekan hilang.

Rem – kabel yang menghubungkan bantalan rem ke stang pada sepeda lama-kelamaan pasti akan melonggar. Oleh karenanya perhatikan selalu kencangkan dan bantalan berfungsi baik.

BACA JUGA:  Inilah yang kulitmu dapatkan jika bersepeda

Ban – ban sepeda pun akan mengalami kempes bila lama tak digunakan. Maka pastikan mengisi angin pada ban dengan tekanan yang pas dan selalu cek apakah ada potensi kebocoran selama ditinggal liburan.

Bagian QR – perhatikan bagian QR pada kedua ban sepeda Anda, pastikan mereka selalu berfungsi sempurna. Sebaiknya cengkraman tidak terlalu longgar atau terlalu kencang.

Perawatan Sepanjang Tahun di Rumah:

Ada banyak hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah sepanjang tahun yang membuat sepeda Anda selalu tampil prima!

1. Membersihkan Sepeda

Sepeda yang bersih adalah sepeda yang bahagia. Semakin sepeda kesayangan bersih dari kotoran pada setiap bagiannya, maka akan makin ringan digowes dan baik pengeremannya.

Mudah sekali membersihkan sepeda, Anda hanya tinggal siapkan seember air dicampur sabun. Gunakan sabun pembersih khusus yang biasa ditemukan di toko sepeda atau bisa juga gunakan diterjen apa saja yang tersedia di rumah. Lalu gosokan spon atau kain bersabun pada seluruh bagian sepeda, terutama area yang memerlukan perhatian lebih. Kemudian bilas dengan menyemprotkan air bersih lewat selang, namun hati-hati saat membilas bagian sambungan atau bagian lain yang memiliki komponen bergerak.

Setelah sepeda selesai dicuci, selanjutnya adalah melumasi kembali rantainya. Air dan sabun bisa jadi menghilangkan sebagian pelumas pada rantai sepeda.

2. Melumasi Rantai Sepeda

Selalu pilih pelumas (oli) yang khusus untuk sepeda. Hindari menggunakan tipe pelumas WD-40 atau oli motor apapun. Pelumas rantai sepeda diformulasikan memang spesifik hanya untuk rantai sepeda dan bagian ini harus selalu berpelumas agar gowes Anda lancar.

Fungsi utamanya adalah membantu Anda gowes lebih mudah. Pergantian gigi pun akan lebih ringan dan karena material rantai terbuat dari baja dan bisa berkarat, lapisan pelumas akan melindunginya dari karat.

BACA JUGA:  Nda takut lagi lewati tanjakan curam

Rantai yang berpelumas baik tidak akan berisik, jadi kalau Anda kesal dengan sepeda yang mengeluarkan bunyi decit; pastikan rantai sepeda selalu dilumasi.

Cara melumasi rantai sepeda yaitu dengan meneteskan oli ke dalam rangkaian rantai sambil diputar mundur. Pastikan seluruhbagian rantai terkena oli. Setelah itu diamkan beberapa saat, lalu bersihkan sisa-sisa oli sambil kembali diputar mundur.

3. Ban Selalu Pada Tekanan Udara (PSI) Yang Benar Penting sekali bagi ban sepeda untuk selalu memiliki tekanan udara yang sesuai spek-nya. Ini akan membuat gowes lebih aman, nyaman dan menyenangkan. Bila ban sepeda kurang angin, makan akan meningkatkan resistensi putarannya, berpotensi besar untuk kempes dan lepas dari pelek. Akan tetapi, kalau ban kelebihan angin, Anda aka merasakan getaran yang berlebihan saat gowes.

Setiap ban memilki standar tekanan udara (PSI) yang berbeda. Temukan informasi tentang standar PSI-nya tercetak di sisi ban.

4. Rem

Cek rem sepeda secara reguler. Idealnya kedua rem, depan dan belakang cukup pakem terhadap pengereman dan ada tekanan yang pas. Pastikan juga posisi bantalan rem menekan pelek bukan ban.

Bantalan rem butuh pergantian secara reguler, jadi selalu waspada pada penggunaan berlebih.

Nah, lakukanlah semua tips perawatannya! Maka seharusnya Anda bisa menikmati momen gowes yang aman dan menyenangkan sepanjang tahun, dan selalu ingat, kapan saja Anda butuh bantuan profesional, jangan ragu untuk kunjungi Bike Colony. Bike colony akan memastikan si sepeda kesayangan diperbaiki sehingga Anda segera bisa gowes kembali! salam gowess!