Goweser tentu tidak ingin daya tahan tubuh menjadi melemah. Karena bagi para pesepeda, daya tahan tubuh adalah hal yang sangat penting. Bagi para pengguna sepeda gunung, daya tahan tubuh yang lemah akan membuat konsentrasi menjadi menurun, sehingga resiko kecelakaan juga dapat menjadi tinggi, apalagi bagi para pesepeda yang menempuh jarak jauh. Nah, karena itulah berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat gowes.

  1. Minum air putih yang cukup

Minumlah air putih yang cukup agar dapat memberikan daya tahan tubuh lebih maksimal, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Jika tubuh kekurangan cairan, darahpun menjadi mengental, dan kita pun akan menjadi cepat lelah. Akibatnya peredaran darah dalam tubuh menjadi lambat dan lebih membutuhkan waktu agar tubuh mendapatkan oksigen. Karena itulah, minum air putih yang cukup sebelum dan sesudah gowes.

  1. Pola makan sehat

Ubah pola makan untuk konsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Tentu kita tahu bahwa makanan adalah bahan bakar yang kita gunakan sebagai sember energi. Mengkonsumsi makanan yang sehat tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan stamina kita pun meningkat. Karena itu, selalu usahakan agar makan makanan yang sehat, seimbang, dan upayakan untuk makan makanan yang rendah lemak, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan daging rendah lemak, seperti ikan. Oh ya, usahakan juga untuk menghindari fast food. Karena makanan ini mengandung kalori yang sangat banyak dan tidak bagus buat tubuh untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang maksimal.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga saat gowes, kita diharuskan untuk menghindari segala rokok dan alkohol. Kita pun juga mengerti bahwa kedua hal ini tidaklah bagus buat kesehatan dan daya tubuh kita. Karena akan mengganggu sistem pernapasan, pencernaan, dan sistem lainnya yang dapat mengganggu daya tahan tubuh kita.

BACA JUGA:  Nafsu makan bertambah? Jangan khawatir, gowes bisa kikis nafsu makan berlebih.