Saat berolahraga seperti gowes, tentu kita membutuhkan stamina yang kuat. Stamina tersebut juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh kita. Hal ini tentulah penting agar tubuh kita tetap fit terjaga saat kita menaiki sepeda gunung kita.

Di post sebelumnya, kita tahu bahwa cara meningkatkan daya tahan tubuh saat gowes adalah dengan minum air putih yang cukup sebelum dan sesudah gowes, mengubah pola makan dengan konsumsi makanan yang sehat, dan selalu menghindari rokok maupun alkohol. Nah, kali ini, ada beberapa tips lanjutan agar daya tahan tubuh dapat meningkat.

  1. Lakukan pemanasan

Ternyata, sebelum menaiki sepeda gunung kita, alangkah lebih baik untuk selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu. Jika kita melakukan pemanasan, otot-otot tubuh kita tidak akan kaget danĀ  stamina sekaligus daya tahan tubuh saat gowes juga akan meningkat.

  1. Melatih ritme dan jarak tempuh bersepeda

Dengan melatih ritme dan jarak tempuh berspeda, performa kita akan meningkat dan daya tahan tubuh pun tetap terjaga. Setelah melakukan pemanasan, awalilah terlebih dahulu dengan ritme bersepeda yang santai. Hal ini juga digunakan untuk melemaskan otot-otot kita. Setelah itu, kita bisa melanjutkan dengan ritme yang cepat. Jarak tempuh juga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Oleh karena itu, selalu awali dengan jarak tempuh yang dekat. Kemudian tambahlah jarak tempuh secara bertahap sehingga jarak tempuh kita menjadi lebih jauh. Ritme dan jarak tempuh yang kita lakukan secara bertahap ini dapat meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh kita.

  1. Gowes lah secara rutin

Daya tahan tubuh akan menjadi melemah jika kita tidak gowes secara rutin. Karena itu ubahlah jadwal kita untuk tetap gowes secara rutin dan berskala. Gowes yang dilakukan secara rutin dapat membuat daya tahan tubuh kita meningkat, karena tubuh akan segera merespon agar fungsi organ tubuh bekerja secara optimal.

BACA JUGA:  Bagaimana Mencegah Bonk ?