Tips tingkatkan ‘Daya Tahan’ supaya bisa kayuh pedal berjam-jam

October 27, 2017 - 1 minute read

Buat pecinta sepeda gunung, hal yang penting dilakukan agar dapat mengayuh pedal dengan lama adalah dengan mempunyai Endurance atau daya tahan. Gowes sepeda gunung di tempat dengan jarak yang jauh, kalia pasti membutuhkan tingkat daya tahan yang maksimal.

Endurance adalah kemampuan kalian untuk dapat bertahan pada kondisi track atau medan jalan yang bervariasi. Sebagai contoh, misalnya goweser mampu mengayuh selama 30km tidak berhenti, makan daya tahan atau endurance yang kalian miliki adalah 30km.

Nah, dilansir dari sumber pedalku.com, berikut adalah tipsnya agar kalian bisa meningkatkan Endurance:

  1. Gowes lah di jalanan beraspal.
  • Untuk mereka yang menggunakan sepeda road bike

Jumlah mata gear 39/40/42 – 52/53/54 (2 tingkat) dan untuk gear pada roda belakang dimulai dari 11-23. Nah, untuk mereka yang menggunakan sepeda ini, gunakanlah gear depan dengan rasio 39/42 dan gear belakang 19

  • Untuk mereka yang menggunakan sepeda MTB

Jumlah mata gear depan 24-36-44 (3 tingkat) dan untuk gear pada roda belakang dimulai dari 11-36. Nah, untuk mereka yang menggunakan sepeda ini, gunakanlah gear depan dengan rasio 36 dan gear belakang 17

  1. Goweslah sepeda selama 1 jam dengan 60 hingga 80 rpm/putaran per menit. Lakukanlah selama 1-2 bulan dalam waktu 1 minggu 4 kali. Jika kalian lakukan ini, maka kalian akan terbiasa, dan nafas tidak terasa ngos-ngosan lagi.
BACA JUGA:  Gabungkan Yoga dan bersepeda
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,