Tips Sepeda yang pas buat gowes

September 21, 2015 - 2 minutes read

Tips Sepeda yang pas buat gowes

Apakah pernah terlintas pada saudara goweser waktu ingin membeli atau mencari sepeda buat gowes, sepeda gunung apa yang pas buat goweser? apakah lebih baik sepeda lipat saja untuk gowes daripada sepeda gunung?

Sebenarnya semua kembali dari kebutuhan para goweser, menurut tipe sepeda pada umumnya ada beberapa macam sepeda yang pas buat gowes,

1. Sepeda MTB (sepeda gunung) dengan ukuran diamter ban pada umumnya 26″, 27.5″ dan 29″
2. Sepeda Lipat / Folding Bike (seli) dengan ukuran diamater ban pada umumnya 16″, 20″.
3. Sepeda balap dengan ukuran diameter ban 700C (28″)

Semakin besar diameter ban semakin cepat sepeda bisa melaju (dengan orang yg sama) tetapi semakin lebar ban juga semakin berat. Itu sebabnya sepeda balap bisa melesat lebih cepat karena lebih ringan bannya (juga frame dan komponen2nya) dibandingkan dengan sepeda MTB dan Folding Bike.

Sepeda MTB dan Folding Bike mempunyai Geometri yg tidak begitu extreme seperti sepeda balap jadi untuk kenyamanan seharusnya lebih kurang hampir sama. Perbedaan mendasar sepeda MTB dan lipat dari besar ban dan kepraktisan. Sepeda MTB pastinya lebih besar bannya, jadi gowesan pasti lebih cepat daripada Folding Bike. Tapi Folding Bike bisa dilipat sehingga mudah dan praktis dibawa2. Sepeda MTB juga bisa digunakan on-road dan juga offroad, sedangkan Folding BikeTIDAK direkomendasikan utk Off-road.

Kalau mau dipakai dalam kota (jalan aspal) yg praktis dibawa kemana2 dan sepedaan santai lebih cocok Folding Bike. Kalau mau yg bisa dipakai offroad dan on-road dan lumayan cepat: sepeda MTB. Kalau mau yg di dalam kota dan cepat: sepeda balap.

BACA JUGA:  Tune up sepeda paska liburan

Jadi semua tergantung dari kebutuhan goweser buat gowes, lebih ke arah manakah sepeda yang diinginkan. Sekian mimin share tips sepeda yang pas buat gowes untuk para goweser, semoga membantu.