Gowes tentu lah sangat menyenangkan. Kita juga dapat memacu adrenalin kita dengan menggunakan sepeda gunung kita ke tempat yang lebih tinggi dann curam seperti di kawasan gunung ataupun lembah. Nah, berikut adalah tips dalam menghadapi tanjakan terjal tersebut.

  1. Sebelum gowes, jangan lupa untuk mengisi perut kita. Jangan biarkan perut kita menjadi kosong. Dan jangan lupa juga untuk selalu menyediakan makanan dan minuman. Hal ini disebabkan karena pendakian selama 1-2 jam sebelum kalian berada di jalan setapak, akan langsung menguras energi kalian dan kalian akan merasa lebih haus. Apalagi jika kalian bersepeda di tempat yang sangat tinggi. Semakin tinggi jalan yang kita tuju, semakin cepat oksigen kita terkuras, dan semakin juga energi kita akan lebih terkuras. Jika tidak ingin bawa beban yang sangat berat, seperti makanan di punggung, sediakan permen karet untuk di taruh di celana. Karena permen karet dapat memberikan energi.
  2. Orang yang bertubuh ringan memang lebih banyak berdiri daripada mereka yang bertubuh berat. Tapi perlu diingat juga, berdiri saat bersepeda membutuhkan tenaga lebih. Karena itu, simpan tenaga kalian, dan lakukan hanya saat diperlukan
  3. Safety is number one. Jangan pernah melupakan peralatan keselamatan seperti helm dan alat untuk melindungi siku, lutut, dll.
BACA JUGA:  Mengenal jenis sepeda MTB