Ini dia beberapa tips lanjutan agar sepeda gunung kita bisa terawat dengan baik, supaya nanti waktu gowes, performa bersepeda kita bisa lebih better dan maksimal.

  1. Kekencanganbaut pada roda juga perlu kita cek. Nda mau kan roda ban terlepas tiba-tiba saat jalan?. Karena itu, coba goyangkan bagian kiri dan kanan roda. Jika sedikit goyang atau terlihat longgar, segera kencangkan.
  2. Coba untuk cek apakah kinerja pemindah gigi (shifter, RD, FD) sudah bagus. Hal ini memang tidak membahayakan kita saat gowes nanti, tapi nda mau kan kalo gigi nantinya loncat-loncat dan alhasilnya mengganggu performa kita? Karena itu, kita bisa setel di bengkel terdekat atau kalau tahu caranya, kita bisa setel sendiri
  3. Jika ada bagian / part-part sepeda yang sudah aus / rusak, jangan ragu untuk segera ganti. Karena bagian bagian sepeda pasti mempunyai masanya sendiri.
  4. Selalu mengatur jarak main rem. Jika kita mengatur jarak rem terlalu dalam, maka nanti kita tidak bisa me-rem. Tapi jika terlalu dangkal, kampas rem akan cenderung bergesek dengan velgTerlalu ‘dalam’ bisa2 ngga ngerem kalo ada motor motong jalan, terlalu ‘dangkal’ kampas rem riskan bergesek dengan velg.
  5. Karet handle grip pada sepeda gunung kita, harus dapat mencengkeram stang dengan kuat. Nda mau kan kalo karet grip tersebut tiba-tiba lepas? Jika lepas tiba-tiba, apalagi pas kita mau rem, kita nanti bisa jatuh.
BACA JUGA:  Pusing saat gowes? Kenapa bisa terjadi?