Menaiki sepeda gunung memang menyenangkan, tapi lebih baik lagi jika sepeda gunung kita bisa terawat, agar waktu gowes nanti, performa kita bisa maksimal. Yuk intip tips merawat sepeda gunung berikut ini.

  1. Hindari mencuci / membersihkan sepeda menggunakan air yang bertekanan tinggi (semprotan yang besar). Untuk beberapa bagian masih boleh, tapi cobalah untuk tidak menyemprotkan ke bagian BB dan Hubs, serta kabel rem & shifter
  2. Hindari melumasi sepeda dengan memakai WD-40 / penetran lainnya yang sejenis. Hal ini disebabkan karena penetran tersebut dapat mengencerkan serta meluruhkan grease di sepeda, sehingga bagian benda yang bergerak tersebut nantinya bisa aus akibat dari grease/gemuk yang hilang.
  3. Tidak lupa juga, sebelum bersepeda / gowes, selalu cek bagian rem sepeda dan rantai pedal. Cek apakah rem sudah bekerja dengan baik, dan juga cek kondisi rantai pedal gear RD FD apakah juga sudah bekerja dengan baik.
  4. Selalu lumasi juga bagian kabel-kabel rem, rantai & shifter secara berkala. Karena rantai yang kering dapat menyebabkan suara yang berisik serta dapat mengikis gear.
  5. Usahakan untuk memeriksa tekanan ban secara berkala. Hal ini memang sering dilupakan. Tapi jika kita melupakannya terus, tentu tidak baik buat ban dan performa saat kita gowes nantinya. Di ban bagian luar, ada keterangan yang menuliskan berapa tekanan minimum dan maksimum untuk ban kita. Jika tekanan ban kita terlalu rendah atau kurang, dapat membuat kayuhan saat gowes terlalu berat, dan ban juga cenderung untuk mudah kempes, tertusuk benda, atau ban dalam terlipat.
  6. Jangan lupa juga untuk selalu periksa kelurusan rim/velg. Rim/velg yang goyang bisa menghambat putaran roda, karena dapat menggerus kampas rem.
BACA JUGA:  Gimana sih cara pilih sepeda gunung yang tepat? (part 2)