Tips Menikung pada single track

August 13, 2016 - 2 minutes read

Tips Menikung pada single track

Tips Menikung pada single track. Nah kali ini mimin akan membahas bagaimana menikung pacar temen pacar, ups… salah donggg maksud mimin adalah bagaimana menikung pada single track tentunya. Hal ini sangat penting bagi goweser yang tidak ingin kehilangan waktu karena sebab terlampau melebar menikung, atau karena terlalu kaku mengendalikan sepedanya ketika memutar, menikung pada single track yang sempit.

Tips Menikung pada single trackSingle Track

Single Track Sendiri adalah sebuah jalan bersepeda di gunung yang sempit, yang kira-kira lebarnya sebesar sepeda, sebagai lawan double track, atau fireroad, yang cukup lebar untuk roda empat kendaraan off-road.

Cara Menaklukkan Single Track

Keterampilan dan kecepatan menaklukan single track dengan kecepatan memberikan kepuasan tersendiri bagi goweser sekalipun. Bergerak melewati single track seperti aliran air yang sempurna, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi ini bisa dilatih, dan ada langkah sederhana yang dapat kita lalukan untuk mendapatkan kemampuan tersebut.

Langkah pertama yaitu harus mempertimbangkan posisi tubuh kita. Coba perhatikan para pembalap motor GP dalam menaklukan tikungan, teori ketika kita bersepeda semestinya sama. Sepeda motor harus bebas bergerak, bersandar dari satu sisi ke sisi lain ketika melalui tikungan jalan.

Hal ini berarti posisi badan kita perlu rendah, center dan longgar dengan lengan dan lutut untuk memungkinkan mengendalikan pergeseran beban tubuh ke kiri dan ke kanan.

Kita harus mampu dan berani melayang-layang ( seperti bergerak bebas) di atas sadel daripada menekannya (mendudukinya) terlalu kuat yang justru menghambat pergerakan kita ketika menikung. Alih-alih kita justru mesti turun untuk membenarkan arah sepeda kita karena menikung terlampu lebar.

BACA JUGA:  stretching sebelum gowes

Pergerakan badan ini memang perlu dilatih terus, tujuannya untuk memindahkan berat badan ke kiri dan kanan, semantara itu kaki kita tetap melakukan kayuhan ringan namun konsisten.

Demikian Tips Menikung pada single track dari mimin ElementMTB, selamat melatihnya dan Happy Cycling kawan!