tips mengecat sepeda kesayangan anda

October 22, 2015 - 3 minutes read

tips mengecat sepeda kesayangan anda

tips mengecat sepeda kesayangan

mungkin bagi sebagian para goweser yang suka mengecat sepeda kesayangan, pecinta sepeda gunung, dll. bosan dengan warna yang biasa2, atau ingin memberi tambahan sensasi pada sepeda kesayangannya, yuk simak tips mengecat sepeda kesayangan berikut:

tips mengecat sepeda kesayangan - element mtb

  • soda api (paint remover)
  • kuas
  • sarung tangan
  • kape (alat pengelotok cat tembok berbentuk lempengan besi)
  • air bersih
  • kain lap
  • amplas halus
  • pilox warna putih atau warna silver untuk cat dasar
  • aerosol
  • pilox berwarna (warna pilihan anda)

Proses pengecatan sepeda :

tips mengecat sepeda kesayangan - element mtb

– Diawal proses, kita lunakkan cat dasarnya dengan menggunakan soda api (paint remover) yang dioleskan ke frame sampai rata ke setiap sudutnya, gunakan kuas dan sarung tangan biar gak kena tangan, dan diamkan selama krg lebih 15 menit.

– Selanjutnya rontokkan cat dasar dari setiap sudut frame dengan menggunakan kape. Kemudian siram dengan air sampai bersih keseluruhan.

– Langkah berikutnya, ambil amplas halus dan bersihkan jika masih ada cat yang tersisa. Agan harus sabar dan teliti di tahap ini, apalagi kalau ada yang berkarat

– Proses selanjutnya bersihkan lagi sepeda anda dengan air bersih lalu lap dengan lap yang bersih dan kering.

– Siapkan cat dasar yang dibutuhkan, jika nantinya menginginkan sepeda agan berwarna candy seperti hijau stabilo dll, gw saranin gunakan cat dasar putih. Dan juga untuk warna hijau, warna biru, warna merah, dll gunakan juga cat dasar. Anda bisa gunakan cat dasar warna silver bila ingin terlihat ada efek gliter dan lebih terang.

– Agar menjadi perhatian buat agan saat menggunakan aerosol, yaitu usahakan tangan agan agar luwes dan lakukan serarah saat agan agan menyemprotkan.

BACA JUGA:  Siasati tubuh agar bisa gowes seharian tanpa merasa lelah atau pusing.

– Penting juga nih, usahakan proses pengecatan di tempat yang aman dari anak kecil, tidak ada anginnya, dan tidak berdebu, sebab kalau ada debu bisa menempel dan hasilnya akan jelek, karn ada bercak-bercak dan bintik-bintik ketika cat sudah kering.

Gimana gan?? sudah puas belum nih infonya?. Tak cukup sampai disitu lho,, karna masih ada tips menyemprotkan cat berikut ( bonus nih hehehe..)

– jarak semprot antara 25 – 30 cm, emang agak jauh dan lebih boros, tapi hasilnya akan lebih baik. Ngecat tipis aja dulu pada permukaan dan tunggu sampai setengah kering supaya cat menempel kuat di permukaan besi/ frame. Kemudian cat lagi pada permukaannya tipis-tipis dengan jarak yang sama di awal pengecatan dan diamkan lagi sampai setengah kering.

– Ulangi cara ngecat di atas sampai agan merasa puas dengan warna yang dihasilkan. Namun pada proses pengecatan terakhir semprot pilox lebih tebal dari sebelumnya sampai mengkilat/ glossy.

Akhirnya selesai juga… semoga bermanfaat dan dapat membantu para goweser yang suka gonta ganti cat sepedanya 🙂 salam gowes