Tips membeli sepeda gunung second

September 18, 2015 - 8 minutes read

Tips membeli sepeda gunung second

Sepeda gunung second banyak diburu oleh para pecinta sepeda yang ingin merasakan sensasi dengan berpetualang ke pegununungan. Pilihan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin mencoba petualangan tersebut, namun memiliki dana yang terbatas. Sepeda gunung second apalagi dari pemakainya langsung, tentu saja jauh lebih menguntungkan terutama masalah kualitas dan kondisi sepedanya.

Sebuah sepeda gunung yang benar-benar sesuai apalagi untuk medan yang ekstrem, harganya memang luar biasa untuk ukuran orang kebanyakan. Harga sepeda gunung yang benar-benar baik untuk medan ekstrem harganya mulai dari belasan juta sampai dengan ratusan juta. Memang tidak bisa dipungkiri, untuk membeli sepeda gunung yang baru dan berkualitas tentu dibutuhkan dana yang besar. Namun bukan berarti anda tidak punya kesempatan untuk memiliki sepeda gunung berkualitas dengan dana terbatas. Salah satunya adalah dengan membeli sepeda gunung second langsung dari pemakainya yang memang sudah tidak membutuhkannya lagi atau ingin menggantinya dengan yang lebih bagus atau berteknologi canggih.

Inilah mengapa banyak orang memilih sepeda gunung second untuk memenuhi kecintaan mereka terhadap olah raga bersepeda. Meski tergolong sebagai barang bekas, tak jarang banyak juga sepeda gunung yang masih memiliki kualitas bagus. Apalagi jika kita bisa mendapatkannya langsung dari pemakai sebelumnya. Tentu hal ini menjadi sebuah nilai tambah bagi kita.

Keuntungan membeli sepeda gunung second

Dengan membeli sepeda gunung second langsung pada pemakai semula, hal itu bisa membawa beberapa keuntungan daripada kita membelinya di toko sepeda bekas. Sebab, dengan membeli langsung pada pemakainya kita bisa mengetahui karakter pemakai sepeda tersebut. Terutama bagaimana cara si pemilik memperlakukan sepedanya serta kita bisa bertanya tentang kondisi sepeda tersebut. Dari tampak fisik saja sebenarnya kita sudah bisa menerka seperti apa si pemilik memperlakukan sepedanya, apakah termasuk yang jorok atau sebaliknya.

BACA JUGA:  Bersepeda bisa bikin demam

Selain itu membeli sepeda gunung second pada pembelinya kita akan bisa melakukan komplain bila ternyata kondisi yang ada pada sepeda tersebut tidak sesuai dengan yang dipromosikan. Tentu hal ini akan lebih kuat jika sebelumnya sudah dilakukan perjanjian. Perjanjian terutama pada hal-hal yang tak terlihat seperti kondisi bagian dalam sepeda misalnya.

Hal ini berbeda jika kita membeli sepeda gunung second tersebut di toko. Karena selain tidak mengenal karakter pemilik lama, biasanya toko juga enggan memberikan garansi karena barang yang dijual dianggap sebagai barang bekas. Selain itu sepeda gunung second yang sudah ada di toko, jelas sebelumnya telah mengalami perbaikan termasuk misalnya cat.

Dengan demikian membeli sepeda gunung second dari toko sepeda bekas, kita benar-benar tidak tahu persis berapa prosen sebenarnya kondisi sepeda tersebut ketika dijual oleh pemiliknya. Namun bila anda mengenal detail tentang sepeda, tidak ada salahnya membeli sepeda gunung second dari toko sepeda ini sekalipun harganya pasti lebih mahal dibanding dengan membeli sepeda gunung second dari pemiliknya langsung.

Meneliti sepeda gunung second

Dengan demikian membeli sepeda gunung second dari toko sepeda bekas, kita benar-benar tidak tahu persis berapa prosen sebenarnya kondisi sepeda tersebut ketika dijual oleh pemiliknya. Namun bila anda mengenal detail tentang sepeda, tidak ada salahnya membeli sepeda gunung second dari toko sepeda ini sekalipun harganya pasti lebih mahal dibanding dengan membeli sepeda gunung second dari pemiliknya langsung.

  1. Roda. Periksalah apakah kembang roda masih bagus atau sudah halus dan perlu diganti. Kembang roda yang tidak merata juga ada hubungannya dengan cara si pemakai sebelumnya memperlakukan sepedanya. Bila memang perlu segera diganti, perhitungkan ke dalam harga agar anda tidak membeli terlalu mahal. Boleh saja anda minta bonus ganti ban misalnya kepada pemilik toko untuk sepeda yang anda taksir tersebut.
  2. Velg. Karena sepeda gunung digunakan untuk medan ekstrim, velg rawan mengalami bengkok karena jalan yang tidak rata. Perhatikan detail velg depan dan belakang. Bilamana perlu raba sekelilingnya dengan memutar. Kalau memang velg pernah bengkok dan pernah diperbaiki, tentu saja akan terasa ada gelombang yang tidak rata pada velg tersebut. Kalau ternyata anda merasakan bahwa velg pernah bengkok, tanyakan berapa harga velg depan dan belakang dengan kualitas yang sama. Kalau harganya cukup mahal, tambahkan pada harga sepeda second tersebut apakah jatuhnya jadi sangat mahal atau tetap wajar ketika nanti anda akan mengganti velgnya.
  3. Rantai dan Gear. Kedua komponen ini sangat penting karena merupakan komponen gerak. Dan komponen gerak memiliki tingkat keausan yang lebih cepat. Caranya menentukan tingkat keausan bisa dengan cara mengetesnya. Putar roda belakang dengan posisi bertumpu pada standar, putar pengayuh dan perhatikan apakah putara roda belakang tersebut masih sempurna atau sudah bergelombang. Masalah pada gear juga bisa diperhatikan saat memutar pengayuh, karena akan terdengan bunyi yang agak kasar. Bila memang bunyinya terdengar kasar, ini salah satu tanda bahwa gear sudah tidak bagus lagi dan harus segera diganti. Kalau tidak, maka anda akan menemukan masalah ketika sepeda gunung second tersebut dipergunakan untuk menempuh medan jalan mendaki.
  4. Rem. Ini merupakan komponen vital sebagai alat untuk menghentikan laju sepeda. Namun untuk mengganti seperangkat rem ini tidaklah terlalu mahal. Anda bisa mengeceknya ketebalan karet rem bila menggunakan sistem tradisional. Namun bila sistem rem sudah menggunakan cakram, bisa dilihat pada lobang-lobang cakram apakah masih rata atau telah meninggalkan bekas yang tidak rata. Kalau cakram sudah tidak rata, lebih baik urungkan untuk membeli sepeda gunung second tersebut karena perangkat rem seperti ini cukup mahal harganya.
  5. Komstir yaitu yang berfungsi menghubungkan stang dan bagian rangka sepeda. Jika komstir ini sudah mulai goyang, pertanda bahwa stang sepeda sudah tidak lagi stabil dan bisa membahayakan pengendaranya. Memperbaikinya juga tidak mudah.
  6. Bila sepeda gunung second tersebut telah menggunakan sistem suspensi baik depan maupun belakang, perhatikan gasnya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Caranya dengan mengangkat bagian depan atau belakang, kemudian menekannya berulang kali. Kalau setelah ditekan langsung naik maksimal, artinya sistem suspensinya masih bagus. Perangkat ini penting ditelitu dengan seksama karena berkaitan dengan kenyamanan anda menggunakannya nanti terutama ketika medan menurun dan jalan tidak rata.
BACA JUGA:  Mau belanja, tapi barang bawaan banyak? Ini lho sepeda untuk belanja

Sekian tips membeli sepeda gunung second yang mungkin harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sepeda gunung second. Semakin anda teliti semakin terbuka peluang anda untuk mendapatkan sepeda gunung yang berkualitas baik dengan harga yang pantas.