Tips Membeli Folding Bike

September 16, 2015 - 3 minutes read

Tips Membeli Folding Bike

Pertama-tama mari kita lihat sekilas tentang Folding bike. Folding bike diciptakan di awal tahun tujuh puluhan dan model-model yang berat pada awalnya memperlambat perhatian masyarakat umum. Folding bike modern menggunakan baja ringan dan aluminium dan kemajuan dalam bidang desain frame telah membuat modelnya semakin cepat serta mudah dilipat dan disimpan.

Untuk Folding bike yang mempunyai ukuran roda 16″ atau 20″ (lebih kecil dari sepeda konvensional), sepeda ini praktis dan cepat dilipat bila melalui medan berat, berat yang ringan membuatnya mudah dibawa. Ukuran roda yang lebih besar, 24″ atau 26″ juga tersedia untuk jalan off-road dan 700C, meskipun sepeda ini kurang populer bila dibanding sepeda konvensional dengan ukuran yang sama.

Jenis Folding Bike

Jenis folding bike terbagi menjadi empat kategori utama. Pilih folding bike sesuai dengan jenis bagaimana anda ingin bersepeda.

Kenyamanan berkendara

Digunakan sekedar untuk pergi ke toko dalam kota, rekreasi dalam kota ataupun menyusuri jalan di perkotaaan, tetapi tidak bisa seharian diatas saddle atau dalam waktu lama. Mudah untuk dilipat dan disimpan diruang sempit.

Berat Sepeda ringan berkemampuan maksimal

Lebih kuat, frame dan onderdil lain lebih ringan, Folding bike menawarkan kenyamanan lebih besar dan daya tahan baik dikendarai dengan cepat untuk bekerja di kota atau latihan rutin tiap akhir pekan.

Road bike yang bisa dilipat

Bagi pengendara yang sangat sering bersepeda diluar kota atau ke luar kota dan tidak mau menyewa sepeda atau membayar biaya pengiriman.

Folding mountain bike / sepeda gunung lipat

Benar-benar hanya untuk penggemar sepeda gunung yang suka traveling, dari gunung satu pulau ke pulau lainnya.

BACA JUGA:  Kalau sepeda nabrak mobil, yang menang bakal siapa nih?

Bagaimana menentukan ukuran roda folding bike?

Roda 16″ cocok untuk dijinjing dalam angkutan umum, sebagaimana sepeda ini lebih ringan dan lebih ringkas bila dilipat. Sepeda ini bisa kurang nyaman bagi goweser atau gowesita yang mempunyai postur tinggi dan perjalanan yang bisa dibilang jauh karena itulah roda 16″ paling cocok dan nyaman bagi mereka yang hidup di kota padat penduduk.

Roda 20″ umumnya menawarkan kenyamanan berkendara dengan kinerja yang lebih baik dan masih ringkas bila di lipat. Dengan spec lebih tinggi dari sebelumnya folding bike ini cocok untuk bersepeda sepanjang hari bagi yang mementingkan kinerja daripada portabilitas.

Roda ukuran 24″ dan 26″ adalah sepeda konvensional yang paling mudah dibawa. Selain itu banyak onderdil yang sama dengan sepeda biasa sehingga dapat di temukan di toko sepeda biasa.

Untuk Merk Folding Bike yang harus dipilih?

Folding bike keluaran elementMTB menawarkan berbagai macam sepeda folding bike yang sangat baik dari segi bahan maupun fungsionalitas. Ditambah kecepatan melipat hingga beberapa detik pada beberapa model.

Lalu Folding bike yang bagaimana yang harus saya pilih ?

Cari tipe folding bike yang cocok untuk tujuan anda bersepeda dan putuskan antara roda 20″ yang memberikan keuntungan dari segi kinerja atau roda 16″ yang lebih portabel. Kemudian bandingkan antara merek satu dengan yang lainnya untuk mencari yang sesuai dengan anggaran. sekian Tips Membeli Folding Bike yang mimin bagikan, semoga para pecinta sepeda lipat atau folding bike dapat terbantu