Tips membeli dan memilih sepeda untuk anak-anak

September 23, 2015 - 4 minutes read

Tips membeli dan memilih sepeda untuk anak-anak

Sebagai orang tua kita pasti menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati. Tentunya hal ini berimbas pada saat membeli dan memilih sepeda untuk anak anda. Memilih sepeda untuk anak merupakan hal yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Orang tua harus pintar menentukan harga, merk, dan kualitas.

Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi acuan kita untuk memilih dan membelikan sepeda yang cocok untuk sang buah hati secara umum:

1. Ukuran sepeda
Ukuran sepeda tentunya harus diperhatikan mengingat seberapa besar anak anda dan umurnya. Ukuran sepeda ditentukan dari ukuran ban sepeda itu sendiri. Pastikan anak anda nyaman pada saat mengendarai sepeda yang akan dibeli.

2. Ketinggian sadel
Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pada saat sang anak duduk di atas sadel. Pastikan si kecil dapat meraih stang dengan mudah dan kaki dapat menyentuh tanah dengan sempurna.

3. Rem
Rem perlu diperhatikan mengingat peralatan tersebut sangat penting. Cobalah rem saat anda membeli sepeda dengan melakukan memutar sepeda terus tekan tuas remnya. Pastikan rem itu bekerja dengan baik dan tidak ada suara yang keluar.

4. Frame sepeda
Frame atau biasa kita sebut dengan rangka sepeda, merupakan bagian terpenting pada sepeda. Rangka sepeda harus kuat dan lurus dari depan sampai ke belakang.

5. Pelindung rantai dan gear
Carilah sepeda yang terdapat aksesoris pelindung gear atau rantainya. Hal ini penting karena untuk melindungi sang buah hati bila terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Berdasarkan Usia

Memilih sepeda untuk anak sebaiknya disesuaikan dengan usia anak, sehingga bisa memberikan kenyaman serta memperhatikan faktor keamanan dari anak itu sendiri. Berikut adalah ukuran sepeda dikaitkan dengan usia anak :

BACA JUGA:  Tubuh terasa lemas setelah bersepeda. Kenapa?
Sepeda roda tiga untuk anak usia 1-3 tahun

Jika anda berencana untuk membeli sepeda untuk anak usia 1-3 tahun sebaiknya anda memilih menggunakan sepeda roda tiga, sebuah sepeda yang terdiri dari 1 roda pada bagian depan dan 2 roda di bagian belakang.

sepeda roda tiga

Sepeda ukuran 12 inci untuk anak usia 2-4 tahun

Jika usia anak anda antara 2-4 tahun, maka pilihlah sepeda yang sesuai untuk sang buah hati adalah sepeda 12 (sepeda ukuran 12″)

Sepeda ini merupakan sepeda ukuran terkecil yang menggunakan penggerak pedal pada bagian tengah, pada sepeda ukuran 12 ini biasanya terdapat 2 roda bantu pada bagian belakang samping kanan dan samping kiri sepeda.

Sepeda Element Cocomong

Sepeda ukuran 16 inci untuk anak usia 4-7 tahun

Menginjak usia 4 tahun ukuran sepeda 12 biasanya sudah tidak bisa lagi digunakan oleh anak-anak karena lututnya akan terbentur dengan setang sepeda pada saat memutar pedal sepeda, jadi jika usia anak anda antara 4-7 tahun maka ukuran sepeda yang cocok adalah sepeda 16 (sepeda ukuran 16″)

sepeda 16 inch

Sepeda ukuran 18 inci untuk anak usia 7-10 tahun

Pada beberapa anak usia 7 -10 tahun ukuran sepeda 16″ masih bisa digunakan, akan tetapi jika dalam bersepeda gerak badan merasa terbatas maka sepeda 18 (sepeda ukuran 18″) bisa menjadi alternative pilihan buat anak anda.

DSC_7031

Sepeda ukuran 20 inci untuk anak usia 8-13 tahun

Pada saat anak berusia 8 tahun sepeda ukuran 20″ menjadi pilihan yang paling tepat buat anak anda, sepeda ukuran 20″ ini merupakan salah satu ukuran sepeda yang paling banyak penjualannya di pasaran.

DSC00490

ukuran2 tersebut tidaklah mutlak, tetapi disesuaikan dengan postur tubuh anak, sedangkan untuk sepeda federal atau jenis sepeda gunung biasanya digunakan untuk anak remaja dan orang dewasa.

BACA JUGA:  Sepeda nyeleneh Jaman Sekarang

Untuk para orang tua yang ingin membelikan sepeda untuk sang buah hatinya, alangkah baiknya anda memilih sepeda untuk anak dengan pertimbangan yang matang. Jadi pilihkanlah sepeda untuk anak dengan bijak. semoga tips diatas dapat membantu orang tua yang bingung waktu akan membeli atau memilih sepeda untuk sang buah hatinya