Bersepeda yang menempuh jarak sangat jauh adalah hal yang biasa dilakukan oleh pecinta sepeda gunung. Mereka berani dan mempunyai keinginan untuk bersepeda yang menempuh jarak jauh hingga berkilo-kilo meter. Karena bagi mereka, mengendarai sepeda gunung dengan jarak jauh dapat menciptakan suatu tantangan sekaligus rekreasi yang dapat memunculkan adrenalin seseorang.

Gowes jarak jauh tentu membutuhkan banyak energi karena menguras banyak tenaga. Berikut adalah tips gowes jarak jauh agar saat mengayuh, kita tidak mudah lelah.

  1. Istirahat yang cukup

Kita perlu mengistirahatkan tubuh kita sebelum dan saat gowes. Jangan pernah memaksakan tubuh untuk terus mengayuh. Hal ini akan membuat tubuh malah menjadi sakit, otot menjadi nyeri, dan tubuh kita tidaklah menjadi bugar. So, berhentikan sepeda gunung kita sejenak, dan istirahat cukup selama 30 hingga 60 menit.

  1. Penuhi kebutuhan minum

Jangan lupa untuk selalu sedia akan air putih yang banyak. Kita perlu berjaga-jaga untuk selalu menyediakan air putih karena mungkin saja saat ditengah-tengah gowes, kita tidak melihat orang yang berjualan air putih. So, sediakan air putih dan selalu minum air putih yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi.

  1. Kunyah permen karet

Bagi pesepeda jarak jauh, jangan lupa juga untuk menyediakan permen karet. Karena dengan mengunyah permen karet, kita dapat boost energi kita. Permen karet mengandung kadar gula yang dapat menggantikan energi yang hilang. Eits, tapi perlu diingat, jangan kunyah terlalu banyak ya.

BACA JUGA:  Tips memperbaiki rem sepeda