Bersepeda tentulah sangat menyenangkan. Apalagi jika kita bersepeda yang menempuh jarak lumayan jauh. Dengan gowes jarak jauh, kita dapat melihat banyak pemandangan yang tidak biasanya kita lihat.

Bagi para pecinta sepeda gunung, yuk simak artikel berikut ini agar saat bersepeda jarak jauh nanti, kita tidak cepat lelah.

  1. Rajin latihan

Jika pesepeda ingin gowes yang menempuh jarak jauh. Jangan lupa untuk terlebih dahulu latihan secara rutin. Minimal menempuh jarak 2 km dalam sehari. Hal ini berguna untuk melatih pernapasan dan otot kita. Jika tidak pernah rajin latihan, maka bersepeda jarak jauh akan menjadi beban buat goweser. So, jangan lupa latihan ya.

  1. Atur posisi gear

Salah satu tips penting bersepeda jarak jauh, adalah mengatur posisi gear. Selalu upayakan agar posisi gear sesuai dengan kekuatan. Jika kita merasa lelah dan kayuhan sepeda menjadi melemah, langsung ganti gear sepeda ke yang lebih ringan. Hal ini dilakukan untuk mengatur ritme bersepeda jarak jauh.

  1. Makan makanan yang berserat

Sebelum gowes jarak jauh pada pagi hari, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi pada malam hari dan pada pagi hari. Usahakan untuk makan makanan yang dapat memberikan energi banyak, seperti buah-buahan. Kandungan gula dalam buah dapat menyuplai kebutuhan nutrisi dan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh saat gowes jarak jauh nantinya.

BACA JUGA:  Ini dia beberapa makanan yang baik untuk goweser agar recovery tubuh lebih cepat