Tips dan Trik bersepeda saat hujan

August 8, 2016 - 2 minutes read

Tips dan Trik bersepeda saat hujan

Tips dan Trik bersepeda saat hujan. Tetap bersepeda saat hujan? Sebaiknya Anda tidak perlu memaksakan diri. Namun di saat cuaca tidak terkira, misal, waktu gowes pagi hari langit cerah-cerah ajak kok. Tapi siapa tahu sore harinya hujan turun menerpa. Sebagai upaya antisipatif berikut kami sajikan Tips dan trik Bersepeda Saat Hujan tiba, tujuannya, agar Anda tetap safety selama berkendara.

Tip dan Trik bersepeda saat hujan

Pastikan Badan Anda tetap Kering.
Meski hujan menerpa ditengah aktivitas Anda bersepeda tetap pastikan badan Anda kering. Karena basahnya tubuh karena air hujan adalah ‘pintu masuk’ berbagai macam penyakit (masuk angin, flu, demam dsb). Untuk itu, persiapkan minimum rain coat khusus pesepeda.

Visibilitas adalah yang terpenting!
Pastikan saat Anda bersepeda kala hujan, Anda memiliki visibilitas lebih tinggi dibanding bersepeda pada kondisi lainnya. Coba pertimbangkan kondisi pengendara mobil dengan jendela berkabut dan wiper yang telah menggores kaca depan, ditambah cuaca hujan yang menyebabkan jarak pandang terbatas. Anda tidak mungkin menghindari tipikal pengguna jalan seperti itu. Dalam kondisi seperti ini, upaya yang dapat kita lakukan adalah meningkatkan visibilitas, misal dengan menyalakan lampu sepeda, jas hujan dengan warna mencolok dan sejenisnya.

Pengereman
Pengereman mungkin memakan waktu lebih lama dari biasanya. Pengereman permukaan basah memakan waktu lebih lama untuk memperlambat sepeda, dan Anda biasanya ingin menghindari berhenti mendadak di jalan basah. Jangan lupa untuk menguji rem Anda sebelum Anda harus berhenti untuk mengeringkan permukaan pengereman dan bantalan rem.

Hindarilah genangan air.
Karena genangan air mungkin ‘menyembunyikan’ bahaya seperti lubang dalam, batu, dsb.

Hindarilah Penutup Saluran Air, dan sejenisnya yang terbuat dari logam. Benda-benda semacam ini bisa menjadi sangat licin di tengah hujan. termasuk juga perlintasan kereta api.

BACA JUGA:  Sepeda Lipat (folding bike)

Siapkan sebuah handuk kecil, tempatkan pada lokasi yang mudah untuk Anda jangkau dan terlindung dari air hujan. Fungsi di antaranya untuk menghapus kabut dari kacamata sehingga pandangan Anda tidak terganggu akibat kacamata sepeda yang berembun.

Nah, semoga Tips dan trik bersepeda saat hujan diatas dapat membantu kawan goweser, stay safe kawan! salam gowes!