Tips dan Trick Memilih Frame Sepeda MTB

September 25, 2015 - 4 minutes read

Pada zaman seperti sepeda MTB atau sepeda gunung telah menjadi primadona atau sepeda yang paling banyak digunakan oleh para pecinta sepeda . dan hari saya akan memberikan tips dan trik dalam memilih frame sepeda MTB.

Berbicara sepeda MTB atau sepeda gunung pasti yang terbayang paling pertama di kepala kita adalah sepeda yang biasa digunakan di gunung. betul kan? ayo jujur deh 🙂 Sepeda MTB atau sepeda gunung bisa juga disebut sebagai sepeda biasa yang biasa digunakan pada medang yang susah dilewati, seperti jalanan tanjakan dan pegunungan. Sepeda MTB yang awalnya dikenalkan di san fransisco pada tahun 1970 an, sepeda mtb menjadi semakin terkenal tahun demi tahunnya. Terbukti keterkenalan sepeda MTB adalah banyaknya komunitas sepeda MTB yang tersebar di dunia. Sepeda MTB ini memiliki ciri-ciri dengan frame sepeda yang terbuat dari baja, aluminium dan bahkan sampai sekarang sudah ada yang terbuat dari serat karbon dan ditambahkan menggunakan shockbreaker atau peredam kejut .
Ban yang digunakan pada sepeda MTB itu sendiri menggunakan ban yang dapat mengcengkram tanah sangat kuat sehingga gaya gesek antar tanah dan ban semakin besar.
Pada gearnya sendiri mempunyai 18-27 gear yang dipat diatur sendiri sehingga kita mendapatkan kecepatan dan kenyamanan dalam menggowes sepeda sahabat. Dengan gear sepe sebanyak 27 gear jadi crankset depan memilki 3 piringan dan cassetee sprocket 9 piringangan . jadi memiliki tinggkat kecepatan yang berbeda pada setiap gearnya .Dan itu tadi sepintas tentang sepeda MTB atau sepeda gunung.

Pengepasan sepeda dimulai ketika goweser memilih sepeda untuk dibeli. Setiap sepeda mempunyai ukuran rangka, yang bisa dinyatakan dalam huruf misalnya S, M, L, atau XL, tapi umumnya dinyatakan dalam angka, misalnya 44, 46, 48, 50, 52, 54, 56, 58, dsb. Angka ini biasanya merupakan ukuran panjang (dalam centimeter) dari seat tube, diukur dari puncaknya sampai ke bagian tengah bottom bracket:
ukuran rangka

BACA JUGA:  Alasan orang berbadan gemuk lebih memilih bersepeda daripada olahraga lainnya

Pilihlah sepeda yang sesuai dengan tinggi badan goweser, sesuai dengan yang disarankan pabrikan sepeda tersebut. Rekomendasi ukuran rangka bisa berbeda untuk merek yang berbeda, walaupun jenis sepedanya sama. Sebagai contoh, untuk sepeda balap Colnago ukuran 54 (cm) direkomendasikan untuk pengendara dengan tinggi badan 180-183 cm, sedangkan untuk sepeda balap Mekk ukuran 54 direkomendasikan untuk tinggi badan 173-183 cm. Oleh karena itu penting untuk mencari rekomendasi ukuran yang spesifik terhadap merek dan jenis sepeda yang dibeli. Di bawah ini mimin mencoba menampilkan ukuran tabel untuk road bike, silahkan dicek goweser.

ukuran

Cara menentukan jenis frame yang akan digunakan adalah dengan cara tinggi badan, dari tinggi badan itu sendiri kita dapat menentukan tinggkat kenyaman penggunanya sahabat goweser. Tapi tidak selamanya ini sebagai penentu mutlak , kenapa? karena kita belum menghitung atau memastikan kecocokan panjang kaki, tangan dan punggung sahabat goweser. ini juga yang dapat menentukan kenyamanan sahabat goweser dalam menggendarai sepeda. Tapi kekurangannya adalah sulit sekali menemukan frame sepeda yang sesuai atau cocok dengan badan sahabat goweser. tapi setidaknya dengan menggunakan tabel yang ada di atas sudah mendekati dengan kenyamanan dari badan sahabat dengan sepeda yang akan dipilih. dan saran mimin untuk sahabat goweser yang ingin membeli frame sepeda, jika ukuran frame sepeda ya dipilih adalah ukuran 40, dan sahabat sendiri tidak merasa nyaman menggunakannya. silahkan menggantinya dengan ukuran 44 atau 48.

Sekian tips dan trick memilih frame sepeda MTB semoga berguna bagi para goweser pecinta sepeda MTB.