Tips bersepeda saat musim hujan agar tidak gampang sakit

October 15, 2015 - 3 minutes read

Tips bersepeda saat musim hujan agar tidak gampang sakit

Selamat pagi kawan goweser, musim hujan akan segera tiba, saat musim menjadi tak menentu kadang panas lalu tiba-tiba hujan datang. Bagi anda yang hobi bersepeda ke kantor, ber mtb atau bahkan bersepeda jarak jauh ada baiknya perhatikan cuaca agar tetap aman dan nyaman saat mengendarai sepeda.

Kali ini mimin akan coba share beberapa tips yang bisa para goweser lakukan saat bersepeda di musim hujan agar tidak mudah sakit:

• Bawa selalu mantel hujan
Tak ada salahnya membawa mantel hujan saat mengendarai sepeda, karena hujan tak dapat diprediksi datangnya. Dengan menggunakan mantel hujan, badan akan tetap kering walau hujan menerpa. Salah satu penyebab datangnya penyakit seperti flu atau demam adalah tubuh basah karena air hujan.

• Kantong plastik, penyelamat barang bawaan Anda
Kantong plastik dapat menyelamatkan barang bawaan Anda dari kerusakan, terutama benda elektronik. Tujuan utama barang bawaan dimasukkan ke dalam kantong plastik, agar tetap kering dan dapat digunakan sedia kala walau terkena terpaan air hujan. Walaupun Anda memiliki tas yang anti air sebenarnya tak sepenuhnya dapat menahan air hujan.

• Visibilitas bersepeda harus lebih tinggi
Saat mengendarai sepeda di musim hujan, usahakan memiliki visibilitas lebih tinggi dibandingkan bersepeda dikondisi lainnya. Maksudnya disini adalah dengan mewaspadai kendaraan yang melaju disekitar Anda. Gunakan lampu sepeda dan jas hujan dengan warna mencolok agar dapat diketahui oleh pengendara lain saat hujan lebat.

• Lebih waspada di perjalanan
Jalan akan basah saat terkena hujan dan membuat ban sepeda lebih mudah tergelincir. Tetap waspada serta jaga keseimbangan selama bersepeda. Jangan melakukan gerakan yang mendadak seperti berbelok secara tiba-tiba karena hal ini dapat menyebabkan Anda terjatuh. Waspadai juga lubang yang tersembunyi oleh genangan air, karena itu sangat berbahaya. Sebisa mungkin hindari genangan air agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

BACA JUGA:  Raih tubuh atletis dengan bersepeda dan berjalan kaki

• Gunakan rem secara pelan-pelan
Sebelum mengerem saat berkendara, usahakan jaga jarak serta mengerem jangan tiba-tiba karena permukaan ban lebih licin dan tak bisa mencengkeram jalanan yang terkena air hujan. Saat mengerem usahakan secara perlahan agar ban tak selip dan laju sepeda akan berkurang.

• Bersihkan sepeda setelah digunakan
Bersepeda saat musim hujan akan membuat sepeda menjadi kotor karena air serta kotoran yang menempel. Saat tiba di rumah, cuci sepeda atau siram sepeda agar kotoran tak melekat pada badan sepeda atau komponen lain. Selanjutnya gunakan kain kering atau lap dan bersihkan sisa air agar tak terjadi karat pada sepeda.

• Konsumsi Multivitamin
Apabila badan terasa kurang fit setelah bersepeda, segera konsumsi multivitamin agar tubuh menjadi lebih segar kembali dan dapat bersepeda lagi.

Sekian artikel yang mimin share, semoga Tips bersepeda saat musim hujan agar tidak gampang sakit dapat bermanfaat pagi para pecinta gowes, pengguna sepeda, atau mtb ers mania. Apabila tidak membawa mantel hujan, jangan nekat untuk bersepeda karena selain membuat tubuh kedinginan, banyak sekali resiko bersepeda waktu hujan oleh karena itu tetap berhati-hari saudara goweser, salam gowes, salam MTB, salam ELEMENTMTB 🙂