Tips bersepeda aman ke kantor

October 26, 2015 - 3 minutes read

Tips bersepeda aman ke kantor

Sepeda kini tidak hanya digunakan untuk berolahraga, beberapa orang memilih alternatif bersepeda ke kantor karena selain bersepeda memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, bersepeda dapat membuat kita terbebas dari macet dan hiruk pikuk keramaian di kota besar.

Tak sedikit yang berpikiran bahwa layanan dan fasilitas transportasi umum kurang memuaskan. Seperti terlalu padat penumpang yang membuat kalian menjadi stress. Bersepeda ke kantor dapat membuat badan lebih sehat dan hemat uang transportasi.

Tips bersepeda ke kantor agar lebih aman:

Memantau kepadatan jalan menuju kantor

Kalian tak bisa terus menerus bersepeda pada jalur yang padat dengan kendaraan sepanjang perjalanan menuju kantor. Pilihlah rute yang tak padat kendaraan dan rendah polusi seperti jalan tikus atau jalan-jalan perumahan yang dapat dilalui.

Untuk itu, perlu memantau hal-hal tersebut di hari yang berbeda saat tak pergi ke kantor agar dapat memperkirakan kepadatan kendaraan serta kenyaman rute yang kalian lewati.

Persiapkan kemampuan bersepeda serta perlengkapan yang tepat

Bersepeda di jalan raya tak boleh dianggap sepele. Kalian harus lebih memantau keadaan arus lalu lintas di belakang kalian sambil memberikan sinyal tangan saat berbelok. Pelajari juga menggunakan gir dan rem sepeda dengan tepat, apabila salah menggunakan dapat menyebabkan kalian terjatuh atau cepat capek.

Untuk menambah keamanan saat bersepeda ke kantor gunakan helm agar meminimalisir cidera pada bagian kepala. Belilah gembok sepeda untuk ban depan atau belakang apabila tak ingin terkena tindak pencurian.

Letakkan barang bawaan di sisi belakang agar tak mengganggu kendali saat bersepeda. Perlengkapan lainnya yang tak kalah penting adalah bel, fungsi dari bel ada untuk memberitahu posisi kalian dengan pengendara kendaraan lainnya.

BACA JUGA:  Gowes di Air

Pantaulah kondisi cuaca sebelum bersepeda

Seperti musim hujan seperti saat ini, bersepeda sangat tidak disarankan karena beresiko terselip di jalan karena licin. Selain jalanan yang licin, kondisi tanah juga becek yang membuat sepeda tak bisa berjalan dengan stabil.

Selain itu, usahakan agar selalu bersepeda saat cuaca terang untuk kenyamanan. Apabila terpaksa bersepeda pada malam hari, usahakan membeli lampu sepeda agar pengendara lain dapat melihat posisi sepeda kalian.

Selalu waspada saat perjalanan

Saat mengendarai sepeda, jangan langsung berbelok tanpa memberi tanda. Apabila jalan dalam kondisi sepi, berbeloklah secara perlahan dan melambaikan tangan ke arah yang akan dituju untuk member tanda apabila ada pengendara lain yang melaju dengan kencang.

Apabila tak kalian tak menemukan jalur khusus sepeda, gunakanlah jalur kiri untuk meminimalisir ancaman dari pengendara lainnya. Saat transportasi umum tiba-tiba berhenti di depan kalian, lebih baik jangan menyelip.
Tak hanya itu, jangan menggunakan headset dan sejenisnya yang dapat menutupi telinga. Karena dapat menutupi pendengaran dari bunyi klakson. Apa kalian mau celaka hanya gara-gara mendengarkan musik saat mengendarai sepeda?

Sekian Tips bersepeda aman ke kantor yang bisa mimin share ke kalian, kalian juga bisa bersepeda ke kampus, ke sekolah dan ke tempat-tempat yang ingin kalian kunjungi. Karena sepeda dapat digunakan oleh siapapun dan kapanpun. salam gowes 🙂