Susah berhenti merokok? coba dulu tips berhenti merokok berikut

November 27, 2015 - 7 minutes read

Susah berhenti merokok? coba dulu tips berhenti merokok berikut

Pastinya Toppers sudah tahu bukan bahwa rokok menjadi salah satu penyebab terbesar kematian di dunia? Bahkan menurut data dari Global Adult Tobacco Survey (GATS), setiap harinya ada 500 orang Indonesia yang meninggal karena penyakit yang diakibatkan oleh rokok seperti kanker, jantung sebagainya. Nah melihat bahaya yang ditimbulkan oleh rokok, ada baiknya kamu yang merokok mulai berhenti untuk menghisap rokok.

Menghentikan kebiasaan yang sudah lama dilakukan memang bukan hal yang mudah, termasuk juga kebiasaan merokok. Toppers sudah melakukan banyak cara untuk berhenti merokok tapi tetap saja kamu tidak bisa melepaskan kecanduan terhadap benda mematikan itu? Tenang.. Kali ini Toped akan memberikan beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kecanduan terhadap nikotin yang terkandung dalam rokok.

1. Sibukkan diri

Keinginan untuk menghisap sebatang rokok memang seringkali datang disaat kamu sedang bersantai, terutama saat sedang sendiri. Oleh karena itu, cobalah cari kesibukan lain di waktu-waktu senggang agar membuat kamu lupa dengan rokok. Lakukanlah hal-hal yang Toppers sukai seperti olahraga, jalan-jalan, bersepeda dan berekreasi bersama keluarga ataupun teman-teman.

Melakukan olahraga ringan secara rutin seperti jogging dan bersepeda akan sangat membantu kamu untuk bisa melupakan rokok. Karena olahraga dapat meningkatkan mood, kesadaran dan energi, serta menghilangkan stres akibat kecanduan nikotin dari rokok.

2. Kurangi secara perlahan

Toppers pernah mencoba berhenti merokok secara total dalam sekejap? Tapi setelah kamu berhenti selama beberapa waktu, tiba-tiba pada satu waktu kamu tidak bisa menahan diri untuk merokok, jumlah batang rokok yang kamu hisap justru lebih banyak bukan? Ini merupakan hal yang wajar dan memang sudah menjadi bagian dari sistem kerja tubuh secara alami. Ketika kamu berhenti secara total dalam waktu cepat dan tidak lama kemudian kembali ke kebiasaan lama, tubuh secara tidak sadar akan memberikan respon untuk menghisap lebih banyak rokok karena mengalami kekurangan selama kamu berhenti merokok.

BACA JUGA:  Ini lho alasan orang tua lebih cocok olahraga ini

Maka dari itu, sebaiknya kamu menghentikan kecanduan kamu terhadap rokok secara perlahan-lahan tapi pasti, bukan secara cepat tapi tidak efektif. Misalnya, jika biasanya adalam 1 hari kamu bisa menghabiskan 10 batang rokok, bisa kamu kurangi menjadi 8 batang pada hari pertama. Hari berikutnya, cobalah untuk mengurangi rokok yang kamu hisap menjadi 6 batang dan begitu juga seterusnya hingga di hari-hari berikutnya kamu akan terbiasa hidup tanpa menghisap rokok. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kecanduan terhadap rokok adalah dengan mengganti rokok tembakau yang bisa kamu hisap dengan rokok elektrik.

3. Cari pengganti nikotin

Nikotin merupakan zat utama pada rokok yang membuat Toppers kecanduan terhadap rokok dan sulit untuk berhenti. Saat berhenti merokok, pernahkah kamu merasa pusing, depresi dan tidak tenang? Itu merupakan hal yang wajar bagi orang-orang yang sedang berusaha untuk lepas dari jeratan nikotin.

Solusinya, kamu bisa mencari pengganti nikotin dengan pergi ke dokter untuk berkonsultasi dan minta diberikan resep untuk menghentikan kecanduan kamu terhadap rokok. Cara mudah untuk menghilangkan ketagihan terhadap rokok, kamu bisa menghisap permen dan minum secangkir kopi ataupun teh saat keinginan untuk merokok kembali muncul. Beberapa riset telah membuktikan bahwa menghisap permen mampu meningkatkan keberhasilan terapi untuk berhenti merokok hingga dua kali lipat.

4. Jauhkan diri dari stres

Stres memang bisa menjadi salah satu alasan kamu beralih ke rokok karena kandungan nikotin di dalamnya memberi efek rileks pada tubuh. Jika ingin benar-benar menghentikan rasa “nagih” terhadap rokok, carilah alternatif lain untuk menghilangkan dan juga mencegah stres yang sering kamu alami. Mendengarkan musik-musik yang rileks, melakukan yoga, meditasi dan tai chi akan membantu kamu untuk menjadi lebih rileks sehingga stres pun akan menjauh. Cara-cara tersebut pastinya akan lebih ampuh untuk meredakan stres daripada harus lari ke rokok.

BACA JUGA:  Dokter Steven Fabes

5. Bergaul di lingkungan yang tidak merokok

Lingkungan pastinya menjadi salah satu faktor penentu kebiasaan kamu, termasuk juga kebiasaan merokok. Jika kamu masih berada di lingkungan yang orang-orangnya juga merupakan perokok berat, maka akan sulit bagi kamu untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Oleh karena itu, untuk sementara menjauhlah dari lingkungan tersebut agar tekad kamu tidak goyah, sampai kamu benar-benar bisa berhenti merokok.

Nah saat sudah benar-benar berhenti, kamu bisa kembali ke lingkungan tersebut untuk menguji apakah kamu punya pendirian atau tidak. Jika benar-benar sudah memiliki tekad bulat untuk tidak kembali ke rokok, pastinya kamu tidak akan terpengaruh oleh lingkungan tersebut dan kamu juga bisa memotivasi mereka untuk bisa berhenti merokok.

6.Libatkan keluarga dan sahabat

Beritahu orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat bahwa kamu benar-benar ingin berhenti merokok. Dengan begitu, jika secara tidak sadar muncul keinginan untuk menghisap rokok, mereka bisa menjadi pengingat kamu. Di samping itu, dengan adanya dukungan dari orang-orang yang kamu sayangi, tentunya kamu juga akan lebih termotivasi untuk meninggalkan rokok.

7. Tekad yang kuat

Tanpa adanya tekad yang kuat dalam diri kamu untuk berhenti merokok, apapun yang kamu lakukan tidak akan bisa menghentikan kecanduan kamu terhadap rokok. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk lepas dari jeratan benda yang mematikan ini, bulatkan tekad bahwa kamu harus dan pasti bisa berhenti merokok, serta yakinkan diri sendiri bahwa kamu masih bisa hidup dengan bahagia bahkan lebih sehat tanpa rokok. Sebagai motivasi, kamu bisa mencari-cari referensi tentang bahaya-bahaya yang diakibatkan oleh kecanduan terhadap rokok.

Nah bagaimana Toppers, cara-cara di atas sangat mudah untuk dilakukan bukan? Semoga ketujuh tips tersebut bisa membantu kamu untuk berhenti merokok, jangan lupa share tips ini ke keluarga dan teman-teman terdekat kamu yah, Toppers. Hidup pun lebih sehat dan pengeluaran lebih hemat tanpa rokok! 😀

BACA JUGA:  Bersepeda bangkitkan etos kerja