Tips aman untuk Gowes

September 7, 2015 - 3 minutes read

Tips aman untuk Gowes

Bersepeda atau biasa disebut gowes merupakan olahraga yang mengasikkan karena tak hanya menjaga kesehatan tubuh, dengan bersepeda dapat bermanfaat untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Sepeda berbeda dengan kendaraan lain, seperti sepeda motor, mobil dan lain-lain.

Sepeda gunung mengandalkan energi kita untuk mengayuh pedalnya, sehingga tak dibutuhkan sumber energi seperti bahan bahan minyak yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, mengakibatkan tempat-tempat khusus untuk bermain sepeda telah tergusur oleh rumah-rumah, ruko dan bangunan kantor.

Karena faktor tersebut, membuat para goweser terkadang harus menggunakan jalan raya sebagai alternatif lintasan untuk bersepeda. Gowes di jalan raya dapat berisko tinggi. Agar para goweser tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, yuk simak tips aman untuk gowes saat di jalan raya:

1. Memakai pakaian dengan benar
Maksudnya di sini adalah memakai helm dan pakaian yang berwarna terang. Pada musim hujan, para goweser dan gowesnita bisa menggunakan jas hujan, namun pilih jas hujan yang tak mengganggu kenyaman, kendali dan keseimbangan saat bersepeda.

2. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas
Sebagai goweser, kita harus mematuhi rambu lalu lintas yang ada, agar tak terjadi kejadian yang tak diinginkan.

3. Bersepeda tidak melawan arus jalan
Salah satu tips yang harus diperhatikan, karena pengemudi kendaraan bermotor biasanya tak memperhatikan para goweser yang melaju di jalur yang salah atau berlawanan arah, karena ini dapat berakibat fatal.

4. Tidak memakai headset (earphone)
Jangan sekali-sekali memakai headset, karena menurut penelitian jika telinga tertutup rapat dapat mengurangi keawasan di sekelilingnya.

5. Kedua tangan selalu standby pada rem
Saat gowes, jangan terlalu dekat dengan kendaraan lainnya karena mengerem sepeda tak bisa langsung berhenti apabila hanya menggunakan tangan satu. Untuk musim hujan para goweser harus memperhatikan jarak yang aman saat pengeremen karena rem selalu menurun efisiensinya saat rem terkena air atau basah.

BACA JUGA:  Bali Cycling

6. Perhatikan keadaan sekitar
Para goweser harus memperhatikan keadaan di samping dan belakang. Berlajarlah memindai keadaan jalan di samping dan di belakang tanpa harus kehilangan keseimbangan dan kendali pada sepeda.

7. Jangan menyalip dari kiri
Para pengemudi kendaraan bermotor biasanya tak menduga apabilan ada sepeda yang menyalip dari kiri, sehingga mereka tak siap dengan situasi terburuk yang muncul dari keadaan ini.

8. Pada bersepeda saat malam hari gunakanlah lampu sepeda
Tak hanya sebagai alat bantu untuk melihat arah dan kondisi jalan, lampu sepeda dapat membantu pengemudi kendaraan lain bisa melihat keberadaan kita. Agar lebih aman dan nyaman saat bersepeda, tambahkan lampu pada bagian belakang sepeda atau setidaknya reflector.

9. Gunakan tangan kanan saat menentukan arah
Gunakanlah tangan kanan kepada pengguna jalan lain untuk mengetahui ke mana kalian akan melaju. Salah satu tips ini merupakan aturan tak tertulis bagi pengguna sepeda, tetapi penting untuk keamanan kita sendiri.

10. Rawatlah sepeda seperti kalian merawat diri sendiri
Perawatan yang dilakukan seperti mengganti rem dan ban secara berkala dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat mengendarai sepeda di jalanan.

Nah, itulah beberapa tips aman untuk gowes di jalan raya. Semoga bisa menambah wawasan para goweser agar mengendarai sepeda lebih berhati-hati untuk kenyamanan dan keselamatan.