Di postingan sebelumnya, kalian pasti sudah tahu kan, kenapa sih kok ban sepeda cepat banget kempes nya. Kalian pasti tambah kesal jika ban sepeda gunung kita menjadi kempes, apalagi jika kempes saat kita mau memakainya. Nah, ada cara supaya ban sepeda tidak cepat kempes.

Caranya, yaitu: Selalu periksa tekanan ban sepeda

Ban luar biasanya ada keterangan mengenai tekanan maksimum dan minimum. Agar ban sepeda tidak sering kempes, kita harus cek tekanan sepeda gunung kita, sebelum dan sesudah gowes. Terutama untuk jenis sepeda gunung (MTB), jika tekanan ban ditemukan rendah, maka ban mejadi susah untuk dikayuh.

Selain itu, ban juga sering menjadi kempes jika tertusuk benda atau ban dalam terlipat. Karena itu, goweser selalu periksa kondisi ban dan tekanan udara dalam ban agar tidak cepat kempes.

Ada tips lainnya agar ban tidak cepat menjadi kempes, yaitu, dengan alasi sepeda gunung kita dengan kain, kayu, ataupun karpet, dan jangan langsung bersentuhan dengan ubin/lantai. Jika ban sepeda beralaskan dengan lantai, maka ban menjadi lebih cepat kempes, karena bersentuhan langsung dengan ubin/lantai dapat membuat suhu ban menjadi dingin, dan ban pun menjadi kempes.

Yuk yang ingin gowes dengan ria, jangan lupa selalu cek kondisi ban ya.

BACA JUGA:  Bakar kalori dengan bersepeda