Ternyata Gowes Bisa Ditambah Listrik

October 21, 2015 - 2 minutes read

Wow,ternyata Gowes Bisa Ditambah Listrik

Dalam acara Indonesia International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, yang telah digelar 18 Maret hingga 21 Maret 2015 ini rupanya ada yang terlihat menarik di stand Touroe Kit di Hall A.

Di dalam stand ini rupanya terdapat inovasi karya anak bangsa kita sendiri, yang menjajakan sepeda gowes jenis apapun, dan mampu disulap menjadi sepeda listrik, Tourqe kit eBike.

Perancang dan desainer sepeda listrik Tourqe kit, Alfred Andreas mengatakan, dengan menggunakan alat rancangannya, hal ini membuat sepeda sangat cocok dikendarai oleh semua kalangan, dan sangat aman serta ringan.
“Jadi tak perlu capek, karena ini juga ringan. Baterai dan mesinnya saya rancang agar bisa dipasang ke semua jenis sepeda, universal,” ujar Alfred.

Menurutnya jika sepeda telah menggunakan alat yang dilengkapi baterai jenis lithium polymer ini, maka sepeda bisa berjalan hingga kecepatan 50 kilometer per jam. Dalam sekali pengisian baterai, yang butuh waktu sekitarlima hingga enam jam, jarak yang ditempuh mencapai 45 hingga 50 kilometer.

“Ini juga kuat untuk diajak menanjak di kemiringan 38 derajat. Tapi tenaga ini tetap tergantung pada bobot tubuh si pengendara,” ungkapnya.

Menurut Alfred, produknya ini dibuat di Indonesia, termasuk bagian mesin. Hanya saja, beberapa bagian dari baterai masih didatangkan dari Tiongkok. Bentuk baterainya pun didesain menarik dan beragam, mulai dari berbentuk kotak, frog type dan bottle type.

“Tapi saya rancang sendiri, baterai bagian dalam-dalamnya juga saya yang rancang. Karena kalau pakai dari mereka, langsung bisa terbakar,” jelas Alfred.

Untuk urusan harga, Tourque Kit e-Bike dibanderol bervariasi, mulai dari Rp6,5 juta sampai Rp9,5 juta. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut, Alfred rupanya membuka toko di kawasan Perniagaan Raya No 12A, Jakarta Barat.

BACA JUGA:  Tingkatkan ‘self efficacy’ dengan gowes