Teknik pemindahan gear sepeda

April 13, 2016 - 2 minutes read

Teknik pemindahan gear sepeda

Selamat pagi kawan. Pastinya para gowes udah pada mengerti kan, hal mendasar tentang cara atau Teknik Pemindahan Gear Sepeda ini, Tapi apakah dalam praktik perpindahan gear kalian sudah bisa sepenuhnya sempurna, atau pas, nyaman dan mampu menghantarkan gear pada aktivitas sepeda yang nyaman??

Kalo bersepeda di jalan raya yang relatif datar sih kapan saja kita bisa melakukan pemindahan gear dengan mudah. Namun akan berbeda sikond nya ketika kita bersepeda di jalur off-road.
Teknik pemindahan gigi selama berkendara di trek off-road, ini memiliki Trik Pemindahan Gear Sepeda tersendiri.

Silahkan simak Teknik ambahan perpindahan gear berikut ini :

  • Ketika menghadapi jalur/trek menanjak atau mulai mendaki, usahakan kita memindahkan chain (rantai)ke gigi ringan, baik sebelum atau baru memasuki medan menanjak dengan mempercepat putaran pedal. Bila terlambat memindahkan gigi ke gigi paling ringan, turunkan satu persatu gigi belakang tanpa melepas power pada pedal. Bila terlambat, kecepatan sepeda langsung menurun dan sepeda menjadi lebih berat di kayuh, ujung-ujungnya yang sering terjadi, nuntun deh
  • Usahakan tidak memindahkan gigi dengan lompatan terlalu cepat, sementara power pedal sedang anda tekan penuh. Memungkinan rantai slip, bahkan beberapa kasus bila rantai dipaksakan pada posisi gigi paling berat di medan menanjak dapat mengakibatkan rantai putus.
  • Ketika melewati turunan, usahakan posisi gigi belakang pada titik tengah dan gunakan posisi ring tengah pada gigi depan. Jaga posisi gigi dengan power pedal agar tidak terasa loss / terasa kosong. Tetapi tidak memasang posisi gigi pada tingkat teringan. Karena membuat tiang RD menjulur kebawah. Resiko RD miring / patah bila membentur di medan jalanan yang menurun kadang bisa terjadi, selain juga kayuhan kita menjadi kurang berarti.
BACA JUGA:  Tips sebelum menghadapi tanjakan curam