Teknik berlatih dengan sepeda balap

February 29, 2016 - 5 minutes read

Teknik berlatih dengan sepeda balap

Bagi kamu yang sangat gemar dengan olah raga yg satu ini, mimin bakal share lagi tips dan trik bagaimana mengendarai sepeda balap dengan benar. Bersepeda itu sangat banyak memberikan manfaat bagi kita karena bisa bikin badan kamu sehat dan bugar. Menurut sya lebih baik duduk manis diatas sepeda kamu lalu mengendalikan sepada balap kesayangan. Karena menurut sya itu merupakan sesuatu yg termurah untuk hidup sehat, buat meningkatkan performa kita dan daya tahan tubuh

Sebelum mimin bahas bagaimana cara menggunakan sepeda balap dengan benar, kamu harus mendapatkan dulu kesempurnan cara duduk diatas sadel dengan irama yg kamu mainkan, karena bila kamu mendapatkan itu, kamu dapat menciptakan pengayuhan yg lebih jauh dan membuat sepeda melesat semakin cepat.
Mungkin goweser mania bertanya, “Bagaimana posisi duduk yg seirama?”. Itu tergantung dari diri kamu sendiri karena setiap orang memiliki irama yg berbeda “Kenapa berbeda?” Karena postur atau ukuran seperti lengan, kaki, tubuh seseorang yg berbeda, jadi untuk penyesuaian terhadap sepedapun pasti berbeda pula. Jadi seringlah bersepeda untuk mendapatkan posisi yg sempurna. Dan sya memiliki beberapa trik untuk menambah sprint agar sepeda balap kamu dapat melesat.

Jumps Sprint
Metode ini dilakukan sendiri atau dgn teman kamu, dengan mengatur kecepatan tiap 10 detik. Awalnya kamu sprint dgn kecepatan normal, recovery (pemulihan) dan kemudian kamu hajar lagi 10 detik selanjutkan sprint kembali dgn kecepatan lebih tinggi lagi. Lakukan teknik itu 3-4 kali. Kalo bisa kamu kurangin recovery(pemulihan) tapi dengan cara bertahap.

Go long
Nyaris sama dgn Jumps Sprint, tapi dgn jarak tempuh yg lebih panjang serta interval lebih lama. Kamu sanggup memanfaatkan Tiang listrik sepanjang jalan sbg patokan interval sprint n recovery. Usahakan speed step by step terus meningkat, Ketika kamu mencobanya beberapa kali dan justru kecepatan menuru, maka hentikan istirahat sejenak.

BACA JUGA:  Tips merawat sepeda

Hill sprints
Teknik ini dilakukan di jalam yg menanjk, bertujuan buat melatih melawan Gradien. Latihlah kamampuan tersebut 20 hingga 40 detik dengan peningkatan kecepatan bertahap. Latihan tersebut ini idealnya dilakukan dalam gigi besar (Chainring).
Menentukan ruang trek rolling yaitu turunan dan juga tanjakan yg sekiranya trek itu dapat dilakukan dengan kecepatan yg lebih. Lalu latihlah teknik Hill Sprint jalan yg turun dan langsung naik.
Tingkatkan kekuatan Hill Sprint di rolling yg panjang.

Play racing
Practice make perfect, sesudah lakukan beberada dasar sprint saatnya simulasi kepada rute jarak jauh. Tidak Hanya meningkatkan endurance kamu, latihan sprint dgn kecepatan yg udah diatur bisa konsisten meningkatkan performa sprint rider. Bisa dimulai bersama 30mph & konsisten meningkat. Atur strategi interval recovery (pemulihan) utk lakukan sprint setelah itu. Sesi latihan sama seperti ini pula bermanfaat buat mengembangkan taktik tim serta menemukan pembalap yg pantas jadi sprinter tim kamu.

Mengetahui fisik badan dikala sprint berlangsung
Rata-rata sih sprint cuma dilakukan maksimal yaitu 30 detik. Karena pada detik ke1 atau ke2 dari sprint, kamu bakal memanfaatkan energi lebih banyak seperti energi dalam Tubuh-ATP (Adenosin trifosfat).
Energi memuncak terhadap 10 detik pertama n badan kamu berubah ke senyawa lain yakni Creatin Fosfat, utk mendapat lebih bnyak energi ATP. Proses seperti itu dilakukan tidak membutuhkan oksigen biasa disebut dengan anaerobik.
Tatkala 10 detik jalankan sprint, ATP yg dihasilkan memecah karbohidrat dan itu adalah satu buah proses yg dinamakan glikolisis (proses piruvat).

Menurut mimin fisiologi sprint itu tdk sesulit yg kamu bayangkan, dan semua kembali kedalam diri kamu sendiri dengan tekat, semangat juga fisik yg mendukung pasti dapet hasil yg diinginkan. Rider memakai energi yg tersimpan dalam badan dengan cara total kemudian sesudah itu hilang serta lumayan kehilangan banyak energi. ketika kamu sprint memasuki last km maupun dalam trek velodrome, kamu bisa minum atau bahkan memakan gel penambah energi. Dikarenakan makanan n minuman yg kamu makan pada hari itu juga enggak langsung diproses oleh badan kamu. Berlatih dgn giat serta mengasah teknik sprint ialah aset mutlak meningkatkan kapabilitas kecepatan bersepeda kamu. Dan jangan lupa lakukan pola makan yg sehat, atur jadwal latihan dan selalu lakukan perawatan sepeda.
Semoga membantu ya kawan goweser, salam gowes!

BACA JUGA:  Kok bisa ya kakek usia 74 tahun keliling nusantara? Ternyata ini lho yang dia makan