Suspensi Sepeda Gunung

October 27, 2015 - 4 minutes read

Suspensi Sepeda Gunung

Sepeda gunung banyak diincar oleh masyarakat. Terutama adalah orang orang yang mencintai kegiatan gowes. Tetapi, tidak sedikit juga orang yang ingin memiliki sepeda gunung karena bentuknya yang keren dan bagus sehingga membuat anda menjadi lebih terlihat bergaya ketika sedang bersepeda. Memilih sepeda gunung sendiri tidak bisa sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal, salah satunya adalah pertimbangan dana atau budget untuk membeli sepeda gunung tersebut. Hal pertama yang anda pikirkan untuk bisa memiliki sepeda gunung yang paling baik adalah tujuan dari pembelian sepeda gunung tersebut. Seperti misalnya apakah sepeda gunung itu akan digunakan untuk bersepeda untuk melakukan kegiatan yang bertemakan petualangan di medan yang melibatkan perbukitan atau gunung, atau hanya sekedar untuk berolah raga di perkotaan. Pastinya akan berbeda sepeda yang anda beli jika tujuan anda berbeda. Anda juga perlu mengetahui review dari para pemakai sepeda dari merek tertentu yang akan anda beli sebelum anda benar benar membelinya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda perhatikan ketika anda akan membeli sepeda.

Full suspension atau hardtail?

Sepeda gunung ada yang dibuat dengan dilengkapi suspensi depan belakang atau ada juga yang hanya dilengkapi suspensi depan saja. Untuk sepeda gunung yang dilengkapi dengan suspensi pada bagian depan dan juga belakang biasa disebut dengan fulsus atau full suspension, sedangkan untuk sepeda gunung yang dilengkapi dengan suspensi depan saja disebut sebagai hardtail.

Perlukah memilih hardtail?

Untuk para pemula, sebaiknya anda menggunakan hardtail. Hal ini karena sepeda hardtail akan membantu para pemula untuk membiasakan diri menggunakan sepeda yang ringan, mudah di dalam cara pengendalian serta efisien ketika dikayuh. Selain itu juga perawatan jenis sepeda ini cukup sederhana. Jika anda sudah terbiasa dengan sepeda jenis hardtail, anda bisa berpindah ke sepeda yang merupakan jenis full suspension. Walau juga sebagai pemula anda bisa memilih untuk langsung menggunakan jenis sepeda full suspension. Karena banyak juga jenis sepeda full suspension yang memiliki performa sebaik dan sama efisiennya dengan sepeda jenis hardtail, terutama untuk jenis sepeda yang mahal dan berkualitas tinggi. Sehingga, jika anda memiliki dana yang cukup, anda bisa langsung membeli jenis sepeda full suspension.

BACA JUGA:  Aman gowes di jalan raya

Sepeda dengan jensi full suspension

Sepeda jenis full suspension akan memberikan kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan sepeda jenis hardtail, sehingga kegiatan bersepeda akan lebih menyenangkan. Pastinya anda jangan memilih sepeda yang asal jadi dan dipasarkan dengan harga murah di pasaran karena kualitas yang tidak terlalu bagus justru akan membuat anda kapok untuk bersepeda. Jenis sepeda full suspension yang jelek akan memiliki efek bobbing yaitu efek ketika rantai menjadi mengendor dan juga mengencang karena adanya gerakan pada suspensi belakang yang mengakibatkan kayuhan anda menjadi berat dan mengkonsumsi lebih banyak energi anda. Untuk anda yang masih pemula, perlu diingat juga untuk membeli jenis sepeda gunung jenis cross country baik dalam jenis hardtail atau juga full suspension. Jangan memilih jenis sepeda yang freeride atau juga jenis downhill.

Dengan mengetahui jenis suspensi yang tepat untuk sepeda gunung anda, anda bisa dengan tepat membeli jenis sepeda gunung yang sesuai dengan kemampuan anda baik dalam bersepeda maupun kemampuan dalam dana untuk membeli sepeda gunung tersebut. Jenis sepeda dengan suspensi yang tepat juga akan memberikan kenyamanan yang lebih ketika anda bersepeda. semoga artikel diatas dapat membantu pecinta goweser menentukan suspensi sepeda kesayangan, salam gowes! 🙂