Sepeda Lipat (folding bike)

September 3, 2015 - 2 minutes read

Sepeda Lipat (folding bike)

Sepeda lipat adalah jenis sepeda yang dapat dilipat. Sering juga disebut dengan seli menurut trend sekarang, merupakan alat transportasi multi bentuk. Merupakan jenis sepeda memiliki engsel pada rangkanya sehingga bisa dilipat menjadi lebih ringkas. Karena itu sepeda lipat bisa dibawa ke dalam angkutan umum, disimpan di apartemen ataupun kantor dimana sepeda biasa dengan ukuran yang besar tidak diijinkan. Sepeda lipat mulai populer di Indonesia sejak maraknya komunitas pekerja bersepeda. Sepeda lipat ini populer di kalangan penglaju dimana rute-rute pendek mereka tempuh dengan sepeda sementara rute jauh tetap menggunakan angkutan umum.

Sepeda lipat biasanya dikelompokkan berdasarkan ukuran diameter bannya:
-Ukuran standar 16 dan 20 inci
-Ukuran besar 24 inci

Berikut Serba-serbi tentang Sepeda Lipat:
1. Sepeda ini direkomendasikan hanya digunakan untuk jalan rata yang beraspal. Karena itu jangan sekali-kali memakai sepeda lipat di medan-medan berat (offroad) atau untuk freestyle.
2. Sepeda ini umumnya tidak memiliki shock depan, sehingga sangat disarankan untuk sebisa mungkin menghindari jalan berlubang atau tidak rata seperti polisi tidur.
3. Tidak disarankan mencuci sepeda lipat dengan semprotan air yang keras/deras. Hal ini untuk menghindari masuknya air ke sela-sela komponen yang dapat menyebabkan karat. Cukup siram perlahan dan bersihkan dengan lap.
4. Sebelum membeli, perhatikan baik-baik ukuran roda dan dimensi sepeda setelah dilipat. Kalau sepeda lipat akan sering dibawa bepergian, cari yang dimensi lipatannya kecil.
5. Harga sangat berpengaruh pada kerapian detil, kemudahan melipat, tingkat presisi, dan kelengkapan tambahan.
6. Bila dipakai dengan baik dan dijaga kebersihannya, sepeda lipat bisa awet dalam waktu sangat lama

BACA JUGA:  Ingin cepat kaya? Yuk bersepeda

Sepeda lipat sendiri dapat anda gunakan untuk gowes jarak dekat di dalam kota. Menggunakan sepeda lipat banyak manfaatnya, salah satu manfaat yang kita dapatkan adalah kepraktiran bentuk sepedanya yang dapat dilipat sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana, dapat menghemat BBM (kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli BBM), mengurangi polusi udara yang mana sangat sejalan dengan konsep eco green dan yang tak kalah penting adalah membuat badan kita menjadi sehat dan bugar.