Sepeda Gunung Wanita

June 9, 2016 - 4 minutes read

Sepeda Gunung Wanita

Sepeda Gunung Wanita. Kali ini mimin akan bercerita tentang sepeda gunung wanita. Penggemar olahraga tak berbatas hanya pada kaum lelaki saja tentunya. sudah sejak lama wanita pun menggemari dan sering berpetualang dengan menggunakan sepeda gunung. Seiring berkembangnya olahraga sepeda gunung dan penggemarnya yang lintas usia hingga lintas gender, sehingga sepeda gunung khusus wanita dibuat untuk membuat para wanita pencinta olahraga bersepeda lebih nyaman dan aman dalam melalukan aktivitas olahraga yang bisa dibilang ekstrim ini. Secara sepintas memang tak banyak jauh berbeda antara sepeda gunung untuk lelaki maupun untuk wanita, tetapi jika diperhatikan kembali ada beberapa perbedaan antara kedua sepeda tersebut. Beberapa perbedaan tersebut meliputi bagian-bagian sepeda seperti rangka, sadel, pedal dan yang terakhir adalah ban.

Rangka

Bentuk badan antara lelaki dan wanita tentu berbeda. Lelaki cenderung lebih tinggi dari para wanita sehingga membuat wanita secara ukuran lengan dan kaki pun lebih pendek. Hal ini disimpulkan dari penilaian bentuk tubuh dan tinggi antara lelaki dan wanita pada umumnya. Oleh sebab itu, rangka sepeda gunung khusus wanita jauh lebih pendek antara stang denganĀ  sadel atau tempat duduk sepedanya. Tak hanya itu, rangka pun dibuat lebih rendah karena menyesuaikan pula dengan tinggi rata-rata wanita kebanyakan. Tentunya hal ini membuat wanita jauh lebih nyaman dan sesuai ketika mengendarai sepeda gunung juga untuk mengurangi cedera-cedera yang tidak diinginkan.

Sadel

Secara bentuk sadel sepeda gunung wanita jauh lebih lebar daripada sadel untuk lelaki. Hal ini dibuat karena pantat wanita secara anatomi jauh lebih besar. Sehingga sadel yang dibuat disesuaikan dengan kondisi wanita agar memudahkan dan membuat aktivitas olahraga bersepeda gunung jauh lebih nyaman dan tentu membuat tubuh jauh lebih sehat. Sehat dan rasa nyaman dalam bersepeda bukan hanya didapat dari kontinuitas olahraga tetapi juga memperhatikan unsur kehati-hatian. Salah satunya dengan menggunakan sepeda gunung yang sesuai dan cocok tanpa menimbulkan rasa sakit atau cedera ketika melakukan aktivitas bersepeda.

BACA JUGA:  Air putih bisa mengurangi berat badan? (part 2)

Pedal

Ternyata pedal antara sepeda unisex dengan sepeda khusus wanita juga tak sama. Mengingat bentuk tubuh wanita yang jauh lebih pendek dari lelaki membuat pedal sepeda gunung wanita pun lebih pendek antara sadel dengan pedalnya. Kenyamanan dan keamanan pengendara memang tetap jadi hal yang utama. Maka dari itu untuk menjaga kondisi pengendara jika menempuh jarak yang jauh ketika berolahraga, pedal yang lebih pendek dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan ini. Tentunya ukuran pedal pun telah disesuaikan dengan rangka sepeda gunung khusus wanita yang juga sama-sama lebih kecil dibanding dengan ukuran sepeda gunung lelaki.

Ban

Ban merupakan bagian yang cukup penting karena hal itu ada sedikit perbedaan antara ban untuk sepeda gunung lelaki dan sepeda gunung khusus wanita. Ada dua hal yang membedakan, yakni ukuran dan berat ban sepeda gunung itu sendiri. Kedua poin ini sepertinya mempertimbangkan kekuatan yang dimiliki wanita. Berhubung rangka sepeda gunung wanita dibuat lebih kecil dan lebih pendek, ban untuk sepeda gunung pun dibuat lebih kecil secara ukuran karena menyesuaikan rangka dan bagian lain yang juga lebih kecil jika dibandingkan dengan sepeda lelaki. Kemudian, berat dari ban untuk sepeda gunung untuk wanita jauh lebih ringan.

Perbedaan antara sepeda gunung untuk wanita atau pria adalah berhubungan dengan perbedaan anatomi dan kekuatan yang dimiliki. Sehingga jika anda memilih sepeda yang sesuai dengan kebutuhan pasti membuat olahraga bersepeda gunung anda jauh lebih nyaman, aman, dan mendatangkan sehat. Salam gowes!!