Sepeda Gunung, Pilihan Favorit Penyuka Tantangan

June 7, 2016 - 4 minutes read

Sepeda Gunung, Pilihan Favorit Penyuka Tantangan

Sepeda Gunung, Pilihan Favorit Penyuka Tantangan. Sepeda tentu menjadi salah satu transportasi yang sudah tak asing lagi bagi semua masyarakat. Selain sebagai alat transportasi, sepeda juga sekaligus menjadi salah satu alat untuk berolahraga. Sepeda yang tak memerlukan bahan bakar sehingga hemat di kantong juga jadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi. Tak hanya itu, sepeda juga dikenal transportasi yang membumi karena bisa digunakan oleh usia berapapun dan bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat kelas apapun sebab harga yang juga sama-sama membumi. Masyarakat pun selain mengenal sepeda sebagai sarana tranportasi, juga memahami bahwa bersepeda adalah salah satu olahraga yang digemari bahkan tak jarang di lombakan di berbagai acara.

Beragam jenis sepeda pun bermunculan. Belakangan salah satu salah satu jenis sepeda roadbike yang memang cocok untuk di jalan raya yakni sepeda fixie sangat populer dan banyak disukai terutama di kalangan anak muda karena memiliki bentuk yang menarik dan unik. Selain itu, sepeda pixie memang memiliki warna yang lebih mencolok dan beragam. Namun, para pemacu adrenalin dan penggila tantangan tentu tetap menjadikan sepeda gunung sebagai pilihan utama. Mengingat wilayah Indonesia memiliki beragam lokasi yang indah dan menantang seperti pegunungan, bukit, hutan yang memiliki tanah yang tak rata atau bahkan berbatu, hal ini justru membuat sepeda gunung menjadi andalan dan pilihan paling cocok. Meskipun didesain untuk kegiatan ekstrem tetapi sepeda gunung tetap bisa digunakan untuk di jalanan datar atau beraspal seperti biasa. Jadi sepeda gunung bisa digunakan on-road dan sangat cocok untuk kegiatan off-road.

Sepeda gunung atau lebih dikenal dengan singkatan ATB (All Terrain Bike) kemudian berubah dan lebih populer dengan nama MTB (Mountain Bike) memang rata-rata digemari dan digeluti oleh orang dewasa yang notabene adalah para lelaki. Meskipun begitu, banyak pula anak kecil dan wanita yang juga sama-sama menyukai tantangan dan tertarik dengan olahraga bersepeda ke gunung yang tentunya menggunakan berbagai jenis sepeda MTB. Varian sepeda gunung pun tak hanya sekedar berbeda fungsi tetapi juga menyesuaikan dengan pemakainya. Ada beberapa jenis sepeda gunung yang khusus di peruntukan untuk anak, remaja dan tentunya dewasa yang lebih menekankan pada bentuk dan ukuran dari sepeda itu sendiri. Selain itu, ada pula sepeda gunung yang memang di desain khusus untuk wanita karena kekuatan dan bentuk tubuh wanita memang berbeda dengan lelaki sehingga sepeda yang akan digunakan pun tentu berbeda. Secara sekilas mungkin tidak ada perbedaan antara sepeda gunung untuk pria dan untuk wanita, mungkin hanya terlihat dari rangka yang lebih maskulin untuk lelaki dan warna yang lebih mencolok dan feminin. Tetapi jika dilihat lebih jauh, sepeda gunung khusus wanita berbeda di bagian sruktur rangka, bentuk sadel atau tempat duduk, stang atau peganggan sepeda.

BACA JUGA:  Jumlah sepeda di Belanda justru lebih banyak daripada penduduknya

Secara keseluruhan sepeda gunung diperuntukan bagi siapapun yang memiliki jiwa petualang yang senang memicu adrenalin. Tak memandang umur maupun jenis kelamin sehingga tersedia pilihan bagi semua umur juga bagi pria maupun wanita, meskipun olahraga ini banyak didominasi oleh kaum pria. Sepeda gunung tak seperti namanya yang hanya bisa dipakai di gunung maupun bukit berbatu saja tetapi bisa juga digunakan disegala medan baik jalan beraspal, tanah, atau berbatu. Lebih cocok lagi jika digunakan untuk mendaki gunung maupun ketika akan menuruninya.