Segera cuci pakaian setelah gowes

September 18, 2017 - 1 minute read

Setelah gowes sepeda gunung, pakaian kalian masih kalian simpan dapan pakai lagi keesokan harinya, taruh begitu saja di keranjang pakaian kotor/mesin cuci, atau langsung kalian cuci?

Bahan polyester adalah bahan yang sering digunakan untuk pembuatan pakaian olahraga. Pakaian yang terbuat dari bahan ini membuat pemakainya terasa ‘adem’ dan tetap kering ketika berolahraga. Bahan yang meresap keringat tentunya lebih nyaman dipakai saat berolahraga. Namun, masalahnya adalah apabila pakaian dibiarkan begitu saja tanpa segera dicuci setelah dipakai buat gowes, maka bakterinya akan bertambah banyak.

Jika sudah terjadi, bakteri yang berkembang biak tersebut akan menyebabkan bau tidak sedap pada pakaian. Jenis bakteri ini adalah micrococci yang diketahui sebagai penyebab bau badan dan lebih mudah berkembang biak pada bahan polyester daripada bahan katun. Walaupun kalian merasa keringat yang dikeluarkan saat olahraga tidak bau, tapi bakteri ini sapat mengubah keringat tersebut menjadi bau yang tidak sedap. Bakteri ini juga mampu mengubah asam amino, asam lemak, serta hormone menjadi komponen kecil penyebab bau badan.

BACA JUGA:  Konsentrasi lebih meningkat dengan gowes