Bersepeda secara rutin dan teratur dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Manfaat gowes yang bisa didapatkan yang paling utama adalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Intensitas dalam bersepeda yang terlalu sedikit dapat memberikan manfaat yang tidak optimal. Namun, intensitas kita dalam memakai sepeda gunung yang terlalu banyak juga dapat mengurangi energi, dan nutrisi yang terdapat dalam tubuh juga akan terkuras sehingga menjadi habis.

Menurut researchers, kita membutuhkan waktu 30 menit hingga 1 jam untuk gowes dalam satu hari. Hal ini akan memberikan keseimbangan tubuh yang sangat baik. Jika kita gowes terlalu sering dan hampir setiap saat atau durasi sepeda yang lama hingga berjam-jam lebih tanpa istirahat, tentu ini juga tidak bagus buat tubuh kita. Karena akan membuat pernapasan kita menjadi sesak dan detak jantung berdetak sangat cepat atau tidak teratur.

Karena itulah, menurut dokter dan ahli kesehatan lainnya, alangkah lebih baik jika kita bersepeda yang cukup dan sesuai dengan kemampuan tubuh kita. Jika kita ingin bersepeda yang menempuh jarak agak jauh, jangan lupa untuk istirahatkan tubuh sejenak sekitar 30 menitan hingga 1 jam.

Karena itu jika memakai sepeda gunung untuk menempuh jarak jauh, tubuh kita akan membutuhkan banyak energi, dan ketika energi dalam tubuh sudah habis, maka nutrisi pun juga habis. Jadi, sangatlah penting untuk menjaga energi dan nutrisi dengan beristirahat sejenak, atau kita juga bisa lakukan dengan makan snack ringan atau mengunyah permen karet. Jangan lupa juga untuk konsumsi air putih yang cukup ya.

BACA JUGA:  Gowes dan diet