Bersepeda memang memberikan banyak manfaat seperti kesehatan. Dan kesehatan yang kita dapatkan adalah kesehatan yang menyeluruh, baik secara fisik dan mental. Selain bersepeda sangat bagus untuk jantung, ternyata gowes juga bagus untuk kesehatan tulang kita, termasuk tulang punggung.

Gerakan bersepeda dapat memperbaiki posisi tulang punggung. Saat kita mengayuh sepeda gunung kita, tangan akan melakukan gerakan menekan dan menarik tulang punggung kita. Hal ini lebih bagus lagi jika bersepeda di tanah yang tidak rata.

Jika kita bersepeda di jalanan yang tidak rata atau mempunyai banyak hambatan, maka tangan kita secara otomatis akan meregangkannya sekaligus menekan punggung. Gerakan yang cepat seperti ini, dapat menjadi stimulus yang bagus untuk tulang punggung pesepeda.

Tidak hanya itu, gowes juga bisa dijadikan terapi atau obat sakit punggung. Lakukan gowes secara rutin dan teratur, maka sakit punggung akan hilang. Hal ini disebabkan karena nyeri punggung yang diakibatkan oleh lempengan pada tulang punggung kurang terlatih, yang berakibat nutrisi tidak dapat tersalurkan dengan baik ke tulang punggung.

So, dengan menaiki sepeda gunung maka lempengan akan terlatih dan penyerapan nutrisi ke tulang punggung akan optimal. Jangan lupa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya.

BACA JUGA:  Pernah merasa tubuh tidak seimbang? Yuk baca artikel berikut.