Gowes tentu lebih seru jika peralatan saat gowes sudah lengkap. Nah, ini dia hal hal yang perlu diperhatikan saat hendak mengganti atau memilih ban untuk sepeda gunung kita.

Berikut ukuran ban yang sebenarnya kita butuhkan

Dimensi

Jika ingin melihat size / ukuran ban, kita bisa melihatnya pada bagian samping ban. Untuk ukuran ban yang standar untuk sepeda dewasa, seperti sepeda gunung, hybrid, dan yang lainnya ,biasanya berada diantara 26 atau 27 inch. Ukuran ini sebenarnya adalah ukuran luar diameter ban. Sedangkan untuk roda ban berukuran metric, biasanya berada diantara 650 mm atau 700 mm.

Lebar

Komponen lain yang perlu diperhatikan dalam mengukur ban adalah lebar ban. Contoh “balloon” ban adalah “27 x 2.125″. Artinya 27 inci itu adalah diameter dan lebarnya 2.125.

Kebanyakan ban sepeda gunung dan hibrid berada diantara 26 x 1.5.  Tapi ukuran tersebut bisa jadi beda, karena hal ini sebenarnya tergantung dari jenisnya.

Sebagai contoh, sepeda gunung untuk balapan mempunyai ban berukuran 700 x 23 (700 mm di diameter dan 23 mm lebarnya) yang biasanya digunakan untuk kecepatan tinggi.

BACA JUGA:  Pentingnya cairan tubuh bagi goweser