Raih tubuh atletis dengan bersepeda dan berjalan kaki

August 27, 2016 - 3 minutes read

Raih tubuh atletis dengan bersepeda dan berjalan kaki. Perut Six Packs, Lengan berotot, Paha, Dada berisi dan Betis lebih Padat? Bukan impian semata kawan!! Hmm, Anda tidak salah, mungkin bersepeda adalah entry gate of interest Anda dalam memulai pola hidup lebih sehat. Pupuklah dengan ketelatenan dan semangat curious untuk terus mempelajari point-point yang mampu menunjang pola hidup sehat Anda.

Tak masalah ketika Anda memulainya dengan bersepeda ala ‘weekend warrior’, bersepeda tiap akhir pekan. Sekali lagi Raih tubuh atletis dengan bersepeda dan berjalan kaki bukan hal mustahil, Jika hal tersebut telah menjadi ‘kebiasaan Anda’ tambahlah porsi olahraga Anda dengan dimulai aktivitas olahraga sederhana, misal jogging di awal pagi Anda. Ya, pada kesempatan kali ini saya hendak mengankat topik jalan pagi/jogging. cuman dengan jalan pagi sekitar 15 menit dan rasakan manfaatnya.

Mulai bangun pagi lebih awal 30 menit dari biasanya, pakai sepatu olahraga favorit Anda, kemudian berjalanlah ke luar rumah secepat mungkin yang Anda bisa lakukan selama 15 menit. Setelah itu, kembalilah lagi ke rumah dengan kecepatan biasa. Begitu saja. Mudah dan sederhana, bahkan tidak ada hal yang baru, bukan?

Dengan kata lain, program baru yang bisa Anda tambahkan untuk mempercepat proses pembakaran lemak adalah “bangun lebih awal 30-40 menit daripada biasanya kemudian lakukan jalan cepat (brisk walk)”. Anda tidak perlu harus selalu melakukan olahraga kardio di gym namun melakukan olahraga outdoors serta menikmati segarnya udara pagi juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk membentuk tubuh lebih atletis.

Hal ini bisa Anda imbangi dengan nutrisi diet (pola makan) yang tepat. Pada level yang lebih advance aktivitas jogging pagi ini dapat Sobat tambahkan dengan latihan beban, dan juga latihan cardio dengan intensitas yang lebih tinggi dibandingkan berjalan. Manfaatnya? tentu sejalan dengan membentuk pribadi lebih sehat jasmani, bahkan ini yang mampu menghantarkan Sobat mendapatkan tubuh lebih atletis, perut six pack misalnya, Anda mau?

BACA JUGA:  Pentingnya Sarapan, Berat Badan dan Kesehatan

Manfaat Jalan Cepat

Meskipun jumlah kalori yang dibakar dengan berjalan cepat tidak lah terlalu besar (tergantung berat badan dan berapa lama Anda melakukannya, yaitu sekitar 400-700 kkal/jam) dibandingkan olahraga cardio lain yang intensitasnya lebih tinggi, tetap saja olahraga jalan cepat ini akan meningkatkan ekstra kalori yang terbakar dalam tubuh, apalagi jika dilakukan dalam jangka panjang.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan oleh Annals of Internal Medicine (2000) yang menyatakan bahwa terjadi penurunan sekitar 6.1 kg lemak tubuh pada pria obesitas yang secara rutin melakukan 60 menit cardio (baik itu jalan cepat maupun jogging ringan) setiap hari selama 12 minggu1 dan lemak yang hilang itu berasal dari lemak yang dibawah kulit, yang biasanya merupakan lemak yang paling banyak menutupi otot sixpack Anda.

So, segeralah mulai langkah hidup sehat Anda, dengan Bersepeda dan Berjalan yang menyenangkan. Raih tubuh atletis dengan bersepeda dan berjalan kaki kawan! salam gowes!!\