Olahraga gowes akan membuat tubuh kita bugar dan juga sehat. Tapi terkadang saat menggunakan sepeda gunung, kita seringkali mengalami sakit kepala atau pusing secara tiba-tiba. Menurut Jeffrey A. Morison, MD., pendiri Morrison Center, Kota New York, mengatakan beberapa sebab mengapa kita mengalami sakit kepala saat atau sesuda olahraga, seperti gowes ini. Yuk simak artikel berikut, agar kita bisa mencegahnya.

  1. Dehidrasi

Jika kita mengalami pusing kepala, bisa jadi kita mengalami dehidrasi. Jika tubuh kekurangan cairan, tapi terus dipaksa untuk menggerakkan otot, maka kepala kita akan mengalami pusing. Supaya tidak mengalami pusing saat gowes, jangan lupa untuk selalu minum air putih secukupnya, dan lakukan pemanasan, supaya otot juga bisa luwes dan stamina bisa fit saat memakai sepeda gunung kita.

  1. Kadar gula rendah

Hal ini pasti sudah pernah didengar, ketika gula darah kita menurun, tentu akibatnya menjadi lesu, tenaga berkurang, dan kepala kita juga mengalami pusing. Karena itu, jangan lupa untuk selalu makan terlebih dahulu sebelum olahraga. Setelah makan, tunggu hingga 2 jam, agar perut dapat mencerna dengan baik.

  1. Tekanan darah rendah

Pusing kepala tiba-tiba saat mengendarai sepeda gunung, dapat juga disebabkan oleh tekanan darah yang rendah. Seperti yang kita ketahui, tekanan darah normal manusia adalah 120/80. Jika tekanan darah kita menunjukkan angka 90/60, hal ini sudah dikatakan cukup rendah. Oleh karena itu, cek tekanan darah dan konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Tips sebelum menghadapi tanjakan curam