Persiapan sebelum gowes

January 22, 2016 - 4 minutes read

Persiapan sebelum gowes

Gowes tentu hal yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau bersepeda bersama teman-teman komunitas kita. Tapi tentu kita ngga berharap sewaktu lagi asyik-asyiknya bersepeda terjadi sesuatu hal yang tidak kita duga yang mungkin akan mengganggu asyiknya kita saat bersepeda. Nah, ini dia kawan hal-hal yang kamu harus perhatikan sebelum bersepeda. Yuk disimak kawan.

persiapan sebelum gowes

1. Periksa Kondisi Sepeda

Sebelum bersepeda sebaiknya teman-teman periksa dulu kondisi sepeda, seperti fork, tekanan ban, suspension, rem dsb. Ini dilakukan agar teman-teman nanti nyaman dalam bersepedanya. Jika sepeda teman-teman dalam keadaan prima pasti lebih tenang dalam bersepedanya.

2. Melakukan Pemanasan

Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dalam hal ini bersepeda yah gaes. Hal ini dilakukan agar otot-otot kita tidak tegang dan tidak kaget saat bersepeda. Pemanasan sebelum bersepeda juga dilakukan dengan tujuan untuk meminimalkan cedera otot. Lakukan pemanasan 10-15 menit sebelum bersepeda.

3. Cek Kebutuhan Barang-Barang

Kebutuhan bersepeda tiap orang bisa berbeda-beda. Ini kebutuhan barang-barang yang saya sering gunakan atau saya sering bawa untuk bersepeda. Masih standard sih gaes.

  • Pakaian bersepeda : usahakan saat kita bersepeda menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak mengganggu gerak tubuh kita. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat dengan bahan yang tidak lentur, ini akan membatasi kita dalam bergerak kawan . Untuk jersey bersepeda usahakan memilih bahan yang mudah atau cepat menyerap keringat. Kalau untuk celana gunakan celana khusus bersepeda yang ada paddingnya kawan.
  • Helm : sama seperti menggunakan kendaraan sepeda motor, helm bersepeda sangat penting buat para goweser. Helm berfungsi untuk menghindari cedera pada otak ketika terjadi benturan / kecelakaan saat bersepeda. Untuk jenis helm sepeda ada banyak macamnya, seperti untuk helm sepeda MTB, helm sepeda downhill, helm sepeda roadbike dsb.
  • Sarung tangan : kalau kebutuhan ini mungkin setiap orang ngga terlalu wajib untuk menggunakannya yah gaes. Tapi kalau untuk saya pribadi, sarung tangan adalah hal yang wajib. Kegunaan sarung tangan disini adalah untuk menyerap keringat pada telapak tangan. Maklum telapak tangan saya sering berkeringat. Dengan diserapnya keringat oleh sarung tangan maka genggaman kita ke stang sepeda akan tetap di posisi alias tidak banyak berubah. Selain itu juga sarung tangan berfungsi untuk mengurangi getaran yang dihasilkan langsung dari sepeda.
  • Alas kaki : alas kaki juga menjadi suatu hal yang penting menurut saya. Teman-teman bisa menggunakan alas kaki yang tentunya nyaman buat kaki teman-teman. Jangan menggunakan alas kaki yang terlalu sempit sehingga membatasi ruang gerak kaki dan menimbulkan efek tidak nyaman. Bisa-bisa lecet tuh kaki gaes. Kalau teman-teman punya uang lebih atau memang sudah antusias banget di dunia persepedaan teman-teman bisa membeli sepatu khusus untuk sepeda yang di bagian bawahnya terdapat tempat untuk memasang cleat.
  • Tools-tools lain : kebutuhan lain adalah perlengkapan untuk reparasi / perbaikan ringan saat sepeda mengalami sesuatu hal yang tidak diinginkan. Perlengkapan yang dimaksud tersebut antara lain : kunci L, obeng +, obeng -, pompa, pencukil ban dsb.
BACA JUGA:  Yuk kepoin aksi lucu orang bersepeda ini bikin ngakak

4. Cek Kondisi Tubuh

Beberapa orang mungkin sering sekali mengabaikan kondisi tubuhnya saat bersepeda. Tubuh yang kurang fit tentu akan menghambat kita dalam bersepeda dan juga pasti akan ada dampaknya nanti. Hal ini pernah terjadi ke saya pribadi, karena malam sebelumnya begadang sampai larut malam dan paginya saya bersepeda sampai pukul 11.00 siang. Pulang-pulang badan terasa pegal semua dan keesokan harinya malah demam. Dari kejadian saya ini, semoga bisa menjadi pelajaran buat sesama goweser agar benar-benar mengecek kondisi tubuhnya sebelum melakukan kegiatan bersepeda.

Sekian persiapan sebelum gowes yang kali ini mimin infokan kepada para pecinta goweser seluruh tanah air, salam gowes!