Pernah merasa tubuh tidak seimbang? Yuk baca artikel berikut.

June 25, 2017 - 1 minute read

Pernah nda sih merasa tubuh kalian tidak seimbang ketika berjalan? Menurut dr. Nadra Septiadi di website nya aladokter.com, ketidakseimbangan adalah sensasi tidak mampu mengatur, mengetahui, dan mengantisipasi posisi tubuh terhadap orientasi ruang. “Ketidakseimbangan memang bisa dirasakan oleh pasien sebagai sensi ingin jatuh, terasa terobang-ambing sepeerti menaiki kapal, atau sensi pusing berputar seperti vertigo, tidak mampu berjalan lurus, atau sering berjalan menabrak benda” kata dr. Nadra Septiadi.

Ketidakseimbangan dalam tubuh bukanlah suatu penyakit langsung, namun merupakan gejala dari suatu penyakit tertentu. Biasanya ketidakseimbangan paling sering berasal dari 3 organ berikut, yaitu: organ mata, telinga, dan sitem saraf pusat. Tapi tidak perlu khawatir, dengan bersepeda kita bisa tingkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh kita.

Gowes sepeda gunung merupakan latihan yang bisa membuat tubuh kalian lebih seimbang dan koordinasi tubuh juga meningkat. Saat kalian bersepeda, dan hendak berbelok, kalian sebenarnya akan melibatkan otot inti untuk membuat tubuh kalian untuk tegak. Sementara itu, mengubah gigi,  atau menggunakan lengan atau kaki juga memerlukan koordinasi.  Tidak perlu khawatir jika kalian merasa bergetar pada awal saat kalian naik sepeda gunung; karena hal ini akan terus meningkat dengan sering melakukan praktek belajar.

Yuk baca artikel berikutnya agar tahu step-step apa yang harus dilakukan untuk tubuh lebih seimbang.

 

BACA JUGA:  Kapan waktu yang terbaik untuk bersepeda? Apakah harus selalu pagi hari?