Perlengkapan sepeda gunung sebelum gowes

May 24, 2016 - 5 minutes read

Perlengkapan sepeda gunung sebelum gowes

Selamat pagi kawan, kali ini mimin ingin share tentang beberapa perlengkapan sepeda anti maling, eh.. sepeda gunung lebih tepatnya. karena mungkin penting sekali perlengkapan-perlengkapan ini lho. Bagi kawan yang hobi bersepeda ke gunung atau daerah perbukitan sebaiknya membawa perlengkapan standard yang di perlukan. Hal ini penting untuk pemula yang baru menekuni hobi barunya bersepeda di area gunung atau perbukitan.

Jangan galau, karena berikut kami akan menginfokan apa saja alat perlengkapan yang dibutuhkan untuk bersepeda di gunung (MTB).

1. Helm
Perlengkapan yang satu ini sangat vital karena akan melindungi kepala anda bila terjadi benturan hebat di kepala anda. Kita tidak ada yang tau apa yang akan terjadi di perjalanan nantinya. Oleh karena itu mimin menyarankan ini merupakan perlengkapan wajib yang harus sahabat goweser pernuhi.

2. kunci ‘ L ’ (Allen key)
Karena baut pada semua jenis sepeda kebanyakan memakai jenis baut yang hanya bisa di buka-pasang dengan menggunakna kunci ‘ L ‘, perangkat ini wajib untuk dibawa.

3. Sarung Tangan (Glove)
Sarung tangan atau glove di perlukan karena berfungsi untuk mengurangi efek getaran akibat jalan yang ekstrim. Sarung tangan ada yang dilapisi bantalan busa ada juga yang terdapat gel, kebanyakan penghobi goweser memilih untuk memakai glove yang ada gel-nya karena lebih baik dalam hal meredam getaran dan nyaman saat dipakai.

4. Pompa (Pump) dan Ban Dalam.
Perangkat ini juga penting, sebab jika ban sepeda kita kempes bisa di pompa, namun jika bocor anda bisa mengganti dengan ban dalam cadangan.

5. Alat Pemutus Rantai
Anda pasti tidak menginginkan petualangan anda terganggu bila rantai sepeda anda putus, karena itu alat ini diperlukan untuk menyambung / memutus rantai.

BACA JUGA:  Tips Mencuci dan Membersihkan Helm Sepeda

6. Baju Khusus Goweser (Jersey)
Kenapa penting? karena dengan baju khusus ini, menjauhkan bahaya tersangkut saat diperjalanan, dan tetap nyaman walau di cuaca yang lumayan panas, denagn desain-nya yang ketat(namun elastis) dan terdapat bolongan di bahannya.

7. Celana Khusus Goweser (Bicycle Short)
Memkai celana yang khusus untuk goweser (celana padding) diperlukan juga, karena terdapat busa yang membuat nyaman pemakainya, serta bentuknya yang ketat (namun elastis) membuat anda dapat bergerak bebas dan tidak takut tersangkut pohon/benda si sekitar anda.

8. Alat Pengungkit Ban
Berguna untuk memudahkan anda membuak ban luar untuk menambal atau mengganti ban dalam.

9. First Aid Kit (Obat-Obatan)
Ini sangat diperlukan jika terjadi acident / kecelakaan saat bersepeda apalagi di daerah perbukitan / pegunungan. Yang di bawa yaitu : cairan alkohol, gunting kecil (gunting lipat), perban gulung, obat merah, dan perekat.

10. Kacamata (glasses) – Sesuai Kebutuhan
Berguna untuk melindungi mata anda dari debu, kotoran-kotoran, serangga kecil, bahkan sinar matahari atau benda asing lainnya yang berbahaya bagi mata anda.

11. Penahan Kotoran (lumpur dan kerikil) – Sesuai Kebutuhan
Anda bisa memakai perlengkapan ini, yang berfungsi menahan bila ada lumpur atau kerikil yang bisa mengenai wajah dan mata anda.

12. HP (Smartphone) – Sesuai Kebutuhan
berguna juga untuk penunjuk arah dengan sistem GPS, tapi tidak terlalu efektif karena di wilayah Indonesia belum banyak yang bisa terdeteksi dengan baik dengan sistem GPS. Handphone berguna juga untuk menghubingi rombongan jika anda nyasar atau ketinggalan rombongan.

13. Sepatu Untuk Bersepeda di Gunung (Sepatu MTB) – Sesuai Kebutuhan
Karakter sepatu-nya mirip denagn sepatu untuk hiking, hanya saja ada perbedaan pada telapak-nya yang lebih keras/ kaku dan terdapat besi pengait di telapak depan-nya.

BACA JUGA:  Artis ibukota yang suka gowes

14. Tas Khusus Bersepeda di Gunung MTB atau Botol Minuman – Sesuai Kebutuhan
Kebutuhan akan air minum sangat penting untuk menjaga ketahanan tubuh agar tidak dehidrasi. Anda bisa mnggunakna botol minuman atau tas khusus yang dilengkapi tempat air minum khusus sehingga anda bisa minum diperjalanan karena ada selang yang mengarah ke mulut anda.

15. Pedal Khusus Pengait Ke Sepatu (Cleat Pedal Sistem) – Sesuai Kebutuhan
Perangkat ini bisa juga di pakai namun bila anda sudah terbiasa memakainya. Kenapa? Sebab jika anda memakai pedal ini, sepatu tidak mudah terlepas dari pedal dan bisa mengakibatkan anda terjatuh (bila belum terbiasa).

Nah kawan, demikian perlengkapan yang dibutuhkan apabila kawan berniat mengowes bersepeda gunung MTB. Mimin disini menyarankan agar kawan minimal menyiapkan peralatan2 atau tool wajib yang mimin sebutkan diatas karena selain berguna sangat penting untuk menjaga sahabat goweser tetap aman dan nyaman. Salam gowes!