Pergi ke Luar Angkasa dengan Sepeda

March 31, 2016 - 1 minute read

Pergi ke Luar Angkasa dengan Sepeda

Untuk pertama kalinya, Denmark mengirimkan astronot ke luar angkasa pada Rabu (2/9/2015) waktu setempat, di mana ia akan pergi ke antariksa dengan mengendarai sepeda. Astronot bernama Andreas Mogensen tersebut akan bergabung dengan dua astronot Rusia, Sergei Volkov dan Kazakh Aidyn Aimbetov selama sepuluh hari untuk menjalankan misi European Space Agency ke International Space Station.

Salah satu tugasnya adalah menguji monitor denyut jantung dan kekuatan-pengukuran pedal baru pada sepeda olahraga buatan Denmark, bersama dengan telerobotics dan peralatan komunikasi. Menurut yang dilansir laman Mirror, Mogensen yang dijuluki “Denmark Yuro Gagarin” oleh pejabat ESA (European Space Agency) juga akan menjadi subjek eksperimen.

Dalam hal ini para ilmuwan akan memantau dampak perjalanan ruang angkasa pada dirinya, seperti perjalanan pendek dalam misi yang dilakukan beberapa bulan lalu. Sepeda olahraga yang dipakai Mogensen dirancang oleh Danish Aerospace Company (DAC), yang mana tidak memiliki kursi karena itu tak diperlukan dalam kondisi gravitasi-bebas.

Sepeda tersebut diluncurkan pada 2001 dan hingga saat ini sudah beberapa kali ditingkatkan. Sepeda itu adalah bagian dari cara astronot untuk melawan efek negatif saat berada di ruang angkasa.

BACA JUGA:  Kok bisa ya kakek usia 74 tahun keliling nusantara? Ternyata ini lho yang dia makan