Perbedaan Sepeda Gunung dengan Sepeda Lain

June 8, 2016 - 4 minutes read

Perbedaan Sepeda Gunung dengan Sepeda Lain

Perbedaan Sepeda Gunung dengan Sepeda Lain. Tahukah kamu perbedaan dari sepeda gunung dengan tipe-tipe  sepeda lainnya. Jenis sepeda selain sepeda gunung adalah sepeda jalanan atau road bike dan sepeda hybrid. Bukan hanya dari perbedaan tempat pemakainnya yang digunakan di gunung dan diperkotaan saja tetapi masih banyak hal lain yang perlu kamu ketahui jika kamu berniat membeli sepeda, terutama jika pilihan kamu jatuh pada sepeda gunung.

Sebelumnya mari kita bahas secara singkat sepeda jalanan dan sepeda hybrid sebagai pesaing dari sepeda gunung. Sepeda jalanan adalah sepeda yang lebih banyak digunakan di daerah perkotaan yang meliliki kontur tanah yang datar dan tentu lebih banyaknya sudah beraspal. Keunggulannya, sepeda ini unggul dalam kecepatan karena memiliki berat yang jauh lebih ringan daripada sepeda gunung. Perbedaan lain yang lebih mencolok adalah dari bentuk ban. Sepeda jalanan memiliki ukuran  ban yang lebih ramping dan mulus daripada sepeda gunung. Sehingga jenis sepeda ini tidak cocok jika dibuat untuk menaiki tanjakan.

Sedangkan sepeda hybrid adalah kombinasi dari sepeda gunung dan sepeda jalanan, bisa disebut jika sepeda ini berada di pertengahan antara sepeda hybrid dan sepeda gunung. Meskipun ada kombinasi dari sepeda gunung, sepeda ini lebih banyak digunakan di area yang datar dan tak berbatu, tetapi sepeda hybrid lebih unggul dari sepeda jalanan karena bisa menaniki tanjakan meski tidak bisa melewati jalanan ekstrim. Sepeda hybrid memang lebih berat sedikit dan memiliki ban yang lebih lebar dari sepeda jalanan. Walaupun demikian, kecepatan dari sepeda ini tak kalah dari sepeda jalanan biasa.

BACA JUGA:  Apa sih kegunaan stretching?

Jika dibandingakan dengan sepeda gunung, secara fisik sepeda gunung memang lebih maskulin dan terlihat lebih kokoh juga lebih tangguh dari pada sepeda jalanan maupun hybrid. Hal ini bisa di maklumi karena medan yang dihadapi sepeda gunung jauh lebih keras dan ektrim. Medan yang dihadapi sepeda gunung seperti tanjakan dan turunan di bukit maupun di pehunungan, tanah, lumpur, juga medan berbatu karena itulah rangka dan juga ban yang dimiliki sepeda gunung terlihat jauh lebih tangguh dan kuat.

Hal-hal yang berbeda antara sepeda gunung dan sepeda laiinya adalah dari rangka, suspensi dan ban yang dimiliki. Rangka sepeda gunung terbuat dari bahan-bahan yang jauh lebih kuat seperti alumunium, carbon hingga titanium. Bahan-bahan tersebut tergolong kuat agar menyesuaikan dengan kondisi yang dihadapi sehingga membuat sepeda jauh lebih kuat dan awet. Suspensi sepeda gunung juga menjadi perhatian. Fungsi dari suspensi di sepeda adalah untuk menjaga keseimbangan dan kenyaman ketika medan yang dilewati berbatu dan menurun. ada dua jenis suspense yakni hanya 1 suspensi yang letaknya ada di depan dan full suspense yang lokasinya berada di depan dan belakang sepeda. Meskipun suspense penting, ternyata ada juga sepeda gunung yang tidak memiliki suspensi sama sekali. Biasanya sepeda gunung tanpa suspense merupakan sepeda tipe Cross Country yang hanya digunakan untuk menjelajah pedesaan.

Ban ialah salah satu hal penting dalam sepeda. Perbedaan antara ban sepeda gunung dan sepeda lain biasanya pada bentuknya dan ukurannya. Bentuk ban sepeda gunung memiliki gerigi lebih dalam dan ukuran yang jauh lebih besar daripda sepeda jalanan maupun hybrid. Efek dari ukuran dan bentuk ban yang berbeda ini yang mebuat sepeda gunung lebih mudah dan lebih cepat bergerak di jalanan berbatu, tanjakan atau turunan ekstrim.

BACA JUGA:  Pernah makan 5 sayuran ini? Justru bikin gemuk lho