Perbedaan Cyclocross Vs Road Bike

March 7, 2016 - 3 minutes read

Perbedaan Cyclocross Vs Road Bike

Kali ini mimin bakal bahas perbedaan cyclocross vs road bike. Secara kasat mata antara sepeda cyclocross dan road bike tidak memiliki banyak perbedaan. Keduanya memiliki geometri frame yang hampir sama, sistem transmisi gear yang hampir sama, dan ukuran wheelset yang hampir sama juga.

cyclocross

Jika Anda saat ini tengah mempertimbangkan untuk membeli sepeda cyclocross atau road bike, maka mengetahui perbedaan keduanya sangatlah penting, karena ini terkait dengan ‘goal’ Anda dalam bersepeda kedepannya. Memang sih, di Indonesia, cabang bersepeda cyclocross masih sangat asing. Namun tidak memungkinkan cyclocross akan berkembang pesat ke depannya.

Cyclocross vs Road Bike secara Fungsi
Sepeda Cyclocross ditujukan untuk fungsi bersepeda dengan trek yang multi kondisi. Balap sepeda cyclocross tidak hanya menuntut kecepatan pengendaranya (seperti pengendara road bike dengan trek aspal), namun juga terkait kemampuan teknikal dalam menaklukkan kontur trek off-road (tanah liat, becek, berpasir, dan cadas).
Bagian komponen sepeda cyclocross diproduksi dengan kekuatan yang tentu berbeda dengan road bike. Cyclocross melintasi jalur yang halus s.d. kasar, sementara road bike cenderung ditujukan untuk melintasi jalur balap yang relatif rata. Sepeda Cyclocross mampu dengan mudah menaklukkan lintasan road bike, tetapi tidak sebaliknya.

Frame Cyclocross vs Road Bike
Secara frame, rata-rata sepeda cyclocross diproduksi dengan frame baja dengan kekuatan maksimum. Kekuatan ini sengaja ditujukan untuk mengimbangi benturan, gundukan dan lompatan. Sementara road bike diproduksi dengan frame baja tipis atau alumunium.
Desain road bike yang seperti ini ditujukan untuk mendapatkan bobot sepeda yang seringan mungkin, sehingga pembalap tidak perlu mengeluarkan power ekstra karena sepeda yang berat dalam sebuah ajang balap.
Sebaliknya, mengendarai sepeda cyclocross di jalan raya mebutuhkan tenaga dan kekuatan lebih besar dibanding road bike. Begitu juga mengendarai sepeda dengan frame road bike di jalur cyclocross trail dapat menyebabkan frame penyok atau retak.

BACA JUGA:  Usia bayi boleh dibonceng

Features Road Bike vs Cyclocross
Karena diproduksi untuk tujuan berbeda, road bike dan cyclocross pun sebenarnya memiliki perbedaan mendasar dalam features. Diantaranya, Cyclocross pada umumnya menggunakan ukuran ban yang lebih besar dibanding road bike, sistem brake pad yang khusus, dan panjang lengan crack/kayuh yang lebih pendek untuk mendapatkan ground clearence yang ideal sesuai treknya.
Komponen cyclocross biasanya lebih berat dan lebih kokoh, sementara sepeda jalan raya (road bike) memiliki komponen lebih ringan.
Perbedaan lain, pada cyclocross tidak terpasang bottle mount, fenders, dan reflectors seperti yang biasanya ditambahkan pada road bike