Pentingnya cairan tubuh bagi goweser

September 3, 2016 - 2 minutes read

Pentingnya cairan tubuh bagi goweser

Pentingnya cairan tubuh bagi goweser. Hindari dehidrasi selama bersepeda, ya inilah pesan yang wajib kita ingat baik-baik ketika bersepeda maupun menjalani aktivitas olahraga apapun. Sebagian buku teks yang mengulas tentang nutrisi-gizi dalam kaitannya dengan olahraga sepakat menyatakan fakta bahwa hidrasi merupakan faktor penting dalam memaksimalkan kinerja olahraga. Pada tahun 2010 Komite Olimpiade Internasional menerbitkan Pernyataan terbaru tentang Konsensus tentang Sports Nutrition.

Rekomendasi dari konsensus itu adalah bahwa “Atlet harus terhidrasi (tercukupi cairan tubuhnya) dengan baik sebelum latihan dan minum cairan yang cukup selama latihan untuk menghindari dehidrasi, setidaknya tidak kurang dari sekitar 2% bobot masa tubuh”

Pernyataan serupa muncul dalam American College of Sports Medicine Position Stand on Exercise and Fluid Replacement dari tahun 2007. Pernyataan ini berdasarkan pada hampir satu abad penelitian, mulai dari pejalan kaki (hikers) dengan medan padang pasir dan tentara di tahun 1930-an dan selanjutnya dilakukan terhadap para atlet dari berbagai cabang.

Selama bertahun-tahun para ilmuwan dan ahli gizi olahraga telah merekomendasikan atlet minum cukup cairan untuk mencegah kehilangan berat badan dari keringat lebih dari 2% selama latihan. Namun rekomendasi ini didasarkan pada studi yang menggunakan tes kinerja yang tidak menyerupai peristiwa dunia olahraga nyata, dan dalam kebanyakan kasus tidak memberikan cairan sama sekali dengan “dehidrasi” kelompok dalam kelompok ujicoba.

Di sisi lain, patut diingat bahwa minuman olahraga selama latihan endurance (daya tahan) tidak hanya ditujukan untuk menyediakan cairan tubuh, asupan cairan tersebut juga seyogyanya mengandung karbohidrat . Mengingat bahwa konsumsi karbohidrat agresif dalam aktivitas fisik yang lebih lama dapat meningkatkan kinerja.

BACA JUGA:  Bersepeda ke sekolah meningkatkan konsentrasi anak