Researchers sudah mengembangkan sebuah penemuan terbaru dimana rem sepeda wireless / nirkabel dapat digunakan untuk nge-rem dalam waktu 250 milidetik. Wah, cepat sekali ya?

Ternyata, goweser hanya perlu mengepalkan genggaman karet pada pegangan kanan (untuk rem dengan rem nirkabel). Jika genggaman semakin kuat, semakin keras rem disk pada roda depan menekan. “Hal ini seperti tangan hantu yang memainkan”. Tapi sebenarnya, ini adalah beberapa kombinasi dari bagian atau komponen komponen elektronik yang melakukannya. Baterai juga akan menyediakan energi listrik yang juga melekat pada garpu sepeda. Nah, untuk dapat meningkatkan performa, ada suatu pengirim tambahan yang terpasang pada bagian sepeda. Dan hal ini terus menerus mengirim sinyal yang sama.

Hal seperti inilah yang memungkinkan sepeda gunung untuk berhenti dalam waktu 250 milidetik. Ini berarti bahwa pada kecepatan 30 kilometer per jam, goweser dapat bereaksi dua meter sebelum mencapai situasi berbahaya. Tapi, seorang ilmuwan komputer di Saarland University mengatakan tidak puas hanya dengan fungsi ini. Tambahnya lagi, “Hal ini tidak sulit untuk mengintegrasikan sistem anti-lock pengereman dengan traksi kontrol. Itu hanya membutuhkan beberapa penyesuaian”.

Alat ini sebenarnya digunakan untuk kendaraan yang lebih besar seperti kereta api, atau pesawat terbang. Tapi ternyata sudah bisa dicobakan pada sepeda gunung kita. Namun, sangat disayangkan, kita masih tidak tahu apakah alat ini akan diproduksi secara missal atau tidak.

Jangan lupa gowes ya. Happy gowes!!

BACA JUGA:  Tips Merawat Sepeda Gunung