Peduli Lingkungan dengan Gowes

October 5, 2015 - 4 minutes read

Peduli Lingkungan dengan Gowes

Semua tahu bahwasanya gowes itu bebas polusi, tanpa bahan bakar, serta cara mudah serta hemat energi untuk bepergian dari titik A ke titik B, namun tahukah Anda sehemat dan seramah apakah gowes terhadap lingkungan kita?

Peduli Lingkungan dengan Gowes

Satu-satunya energi yang dibutuhkan saat gowes berasal dari diri Anda yang mengendarainya, atau yang biasa kita kenal dengan nama Kalori. Menurut sebuah studi yang dilakukan World Watch Institute (Badan Riset Internasional) bila Anda jika Anda mengkonversi energi per mil ke pengukuran serupa di bidang daya kinetik, dalam hal ini, Kalori, maka akan ditemukan bahwa energi yang dibutuhkan gowes bukan saja lebih hemat dari mobil, bahkan masih lebih efisien ketimbang berjalan kaki.

Gowes membutuhkan 35 Kalori per mil dibandingkan berjalan kaki yang membutuhkan 100 Kalori per mil, tapi paling dahsyat jika membandingkan transportasi gowes dengan naik mobil. Bila Anda mengkonversi pengukuran energinya menjadi Kalori, mobil membutuhkan 1860 Kalori per mil!

Gowes juga cara paling ramah lingkungan untuk berkendara. Ini karena sepeda, tidak seperti kendaraan bermotor dengan BBM yang mengeluarkan gas CO2 (Karbondioksida). CO2 adalah gas pada rumah kaca yang secara alami terdapat di atmosfer kita dan aman bila kadarnya seimbang di udara. Tumbuhan juga mikro organisme lainnya membutuhkan CO2 dalam siklus hidupnya. Masalah timbul jika kadar CO2 di udara meningkat terlalu tinggi. Peningkatan kadar CO2 disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang berlebihan oleh manusia, terutama dari bahan bakar berbasis fosil/mineral.

Anda bisa membayangkan kondisi berlebihnya kadar CO2 ini dengan analogi pabrik roti. Ketika pabrik sedang memproduksi, dia menerima pasokan tepung yang kemudian diolah menjadi sejumlah roti yang dapat dinikmati seluruh kota. Disaat semua rasio berjalan seimbang, yaitu dari tepung menjadi roti, lalu dikonsumsi, yang membuat suplai warga kota tercukupi dan permintaan akan roti terus berulang. Nah, sekarang bayangkan kalau pabrik roti terus menerima terlalu banyak tepung. Maka produksi roti akan semakin melimpah dan warga kota tidak mungkin memakan roti sebanyak itu. Dengan segera kota pun tidak sanggup menyimpan hasil produksi roti yang terus bertambah dan akhirnya terbuang mengotori jalan. Apabila rasio tersebut tidak menemukan penyeimbangnya lagi, maka terjadilah masalah yang menyulitkan semua orang.

BACA JUGA:  Ini lho cara minum yang benar agar terhindar dehidrasi saat bersepeda

Jadi, seberapa banyak CO2 yang mobil hasilkan? Sebagai info, rata-rata sebuah mobil menghasilkan empat hingga enam karbondioksida per tahun! Dengan kata lain satu galon bensin dapat menghasilkan sekitar 9 – 10 kg Karbondioksida! (Ini tentu saja berbeda kadarnya pada setiap mobil, tergantung jenis mobil dan bahan bakar yang digunakan).

Bandingkan, berapa banyak kadar CO2 yang dihasilkan sepeda? Tidak ada! Kini saya paham banyak studi yang membahas hubungan serta peranan kadar CO2 dalam siklus kehidupan, tapi fakta pentingnya adalah bahkan ketika Federasi Pengendara Sepeda Eropa (ECF) mengkalkulasi jumlah CO2 yang dihasilkan semua moda transportasi, sepeda tercatat menghasilkan 75% lebih sedikit CO2.

Sebuah perbedaan signifikan!

Ya, itulah perubahan yang bisa diciptakan bila mengganti moda transportasi Anda dengan sepeda untuk bepergian. Dengan gowes hanya sekali atau dua kali dalam seminggu, atau gowes untuk menuju lokasi yang tidak terlalu jauh, maka Anda sudah mengurangi sampah CO2, sekaligus membakar Kalori di saat yang sama. Jadi menang banyak kan?

Jadi, ayo kita lakukan!

Misalnya saja Anda ingin menuju sebuah tempat yang jaraknya hanya beberapa kilometer. Pada ilustrasi menggambarkan perkiraan rasio energi dan pengurangan kadar CO2. Bagaimanapun, harus diingat bahwa bila membicarakan gowes, energi yang dikeluarkan tergantung seberapa cepat kayuhan dan tentu saja sesuai kemampuan Anda. Ilustrasi tersebut adalah perkiraan rata-rata. (Lagipula, kan Kalori tidak akan terbakar saat mengemudi. Semua ilustrasi merupakan analogi)

grafik kalori gowes

so tunggu apalagi? yuk gowessss skrg 🙂