Obati Parkinson dengan bersepeda?

August 11, 2017 - 1 minute read

Menurut alodokter.com, penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit ini adalah terjadinya tremor atau gemetaran. Sedangkan gejala awalnya biasanya sulit dikenali.

Dua contoh gejala awal penyakit Parkinson adalah:

  • Merasa lemah atau terasa lebih kaku pada sebagian tubuh.
  • Gemetaran halus pada salah satu tangan saat beristirahat.

Setelah gejala awal tersebut, selanjutnya akan muncul gejala-gejala lain yang mungkin dialami oleh penderita, seperti:

  • Tremor makin parah dan menyebar.
  • Otot terasa kaku dan tidak fleksibel.
  • Pergerakan menjadi lambat.
  • Berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh.

Penderita penyakit Parkinson juga bisa mengalami gejala fisik lainnya (misalnya konstipasi, sulit tidur, kehilangan indera penciuman atau anosmia, serta masalah daya ingat) dan gejala psikologis (misalnya cemas dan depresi).

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuwan dari Radiological North America di Chicago, Amerika Serikat, manfaat bersepeda memang sangat banyak, salah satunya adalah dapat mencegah dan mengobati penyakit Parkinson. Bersepeda ternyata dapat meningkatkan system koordinasi serta keseimbangan antara daerah otak yang terjangkit penyakit ini.

Para peneliti juga telah menemukan bahwa ketika kalian mengayuh pedal sepeda gunung, ternyata dapat menyebabkan konektivitas yang lebih besar terutama di daerah otak.

BACA JUGA:  Sepeda element