Diabetes tidak hanya terjadi pada kalangan tua saja. Tapi diabetes juga bisa terjadi saat kita muda. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk penderita diabetes ini, mulai dari minum obat hingga memakai suntik insulin. Diabetes sebenarnya dapat dikontrol dengan melakukan diet ataupun berolahraga. Hanya dengan begitu, kondisi fisik penderita diabetes pun dapat terjaga. Dan ternyata, ada obat murah yang dapat digunakan untuk para penderita diabetes, yaitu dengan bersepeda.

Menurut Dr, Henry Andrean, “ Olahraga memang tidak dapat menyembuhkan diabetes, tapi olahraga seperti gowes sangat dianjurkan untuk penderita diabetes”.

Tambahnya, “Olahraga seperti mengendarai sepeda gunung dapat memberikan efek kesehatan yang sangat baik bagi penderita diabetes karena sensitifitas insulin dapat meningkat ketika bersepeda dan akhirnya kadar gula dalam tubuh dapat menurun”.

Namun, perlu diperhatikan lagi, untuk selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum bersepeda, karena diperlukan penurunan dosis dan mengkonsumsi makanan sebelum gowes agar tidak terjadi efek kadar gula yang terlalu rendah.

 

BACA JUGA:  Tips bersepeda aman ke kantor