Nyeri pada saat haid? Bisa diatasi dengan hal berikut

July 1, 2017 - 1 minute read

Nyeri saat haid tentu tidak disukai semua wanita. Sehingga banyak sekali yang ingin berdiam diri di dalam rumah dan tidak melakukan kegiatan apapun. Tapi jika nyeri saat haid datang tentu tidak melakukan apapun, bukanlah pilihan yang baik.

Ternyata, nyeri pada saat haid dapat diatasi dengan olahraga secara teratur, seperti gowes sepeda gunung. Tidak hanya mengencangkan otot kaki, bersepeda juga dapat mengencangkan otot perut dan punggung. Kaum hawa yang memasuki masa haid, sebaiknya melakukan aktivitas bersepeda secara rutin untuk mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

Olahraga gowes ini ternyata mampu meminimalisir sakit yang sering diakibatkan oleh menstruasi karena dapat membantu untuk membuat hormon beta-endorfin. Hormon ini ternyata dikenal sebagai morfin alami manusia. Seperti yang kita ketahui morfin adalah pereda sakit atau nyeri.

Kram merupakan salah satu gangguan yang paling sering terjadi pada kaum hawa yang sedang haid dan bisa diredakan oleh hormone endorfin. Endorfin menghasilkan efek analgesia atau pereda sakit. Tidak hanya itu saja, hormone endorfin ini bisa membantu untuk mempercepat  pemusnahan prostaglandin yang menyebabkan kontraksi otot yang terjadi pada wanita yang sedang haid.

BACA JUGA:  Bali Cycling