Nutrisi dan Makanan untuk pulihkan stamina saat gowes

February 9, 2016 - 2 minutes read

Nutrisi dan Makanan untuk pulihkan stamina saat gowes

Kali ini mimin akan share tentang nutrisi dan makanan untuk pulihkan stamina saat gowes bagi para goweser yang ingin staminanya cepat pulih, bukannya makin loyo, menjadi atlet sepeda tentu bukan lah hal yang mudah lho. Karena olah raga yang satu ini membutuhkan banyak energi untuk menggowes pedal sepeda sampai dapat melaju secepat pesepeda profesional. Hanya dengan nutrisi/makanan buat pesepeda yang bisa mengcover atau memulihkan stamina kamu yang terkuras habis ketika menggenjot sepeda.

Nutrisi ini sudah seperti menjadi asupan wajib yang harus dikonsumsi atlet sepeda. Semakin pembalap atau pesepeda ini letih, maka semakin besar juga asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk memulihkan keletihannya.

Berikut ialah cara mengatur nutrisi/makanan buat pesepeda yang diperbolehkan untuk dikonsumsi:

Porsi makan yang ideal
Makan lah sebelum kamu mengayuh sepeda mu. Tetapi dengan porsi makan yang ideal yaitu 1/3 dari porsi kamu harus mengandung nutrisi dan sumber energi yang baik. contohnya beras merah. 1/3 nya lagi harus mengandung sayuran dan buah. Dan sisanya mengandung protein seperti protein hewani yang berasal dari hewan (ikan, telur, dan daging). Dan jangan lupa untuk makan secara teratur dan tepat waktu ya.

Karbohidrat setelah latihan
Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, gandum, singkong, ubi, dan jagung dengan kadar 20 sampai 50 gram ditambah makan yang mengandung protein sebanyak 10 sampai 20 gram. Hal ini diperlukan untuk memenuhi stamina, nutrisi dapat memulihkan energi yang telah terkuras sebelumnya. Contoh makanan yang bisa kamu santap ketika latihan bersepeda ialah sandwich.

Perhatikan waktu makan sebelum bersepeda
Penting bagi kamu untuk lebih teliti dalam perhitungan waktu makan dan bersepeda. Maksimal waktu makan berat ialah 3 jam sebelum bersepeda. Jangan melebihi waktu tersebut karena dapat mengganggu stamina kamu.

BACA JUGA:  Anatomi Tubuh Saat Bersepeda

Cemilan untuk bersepeda
Kalau kamu sedang marathon sepeda atau sepeda jarak jauh, ada baiknya kamu bikin cemilan kamu sendiri biar bisa mengatur nutrisi yang pas untuk kamu. Paling tidak, kamu akan butuh asupan karbohidrat sebanyak 50 sampai 60 gram per jam.

Nah, semoga tips diatas yang mimin share dapat membantu mengatur nutrisi/makanan untuk pulihkan stamina saat gowes. yuk mulai pola hidup sehat, salam gowes!