Kebanyakan orang setelah gowes sepeda gunung pasti tubuhnya akan merasa lebih segar, dan mata jadi terlihat fresh. Namun, tidak sedikit juga, orang jadi merasa ngantuk setelah habis bersepeda. Kok bisa ya? Kenapa bisa ngantuk?

Ini dia beberapa penyebab kenapa yang kita dapatkan malah “kantuk”, dan bukan mata yang fresh.

  1. Perut kekenyangan atau perut kosong

Makan makanan berat atau tidak makan sama sekali sebelum gowes, malah membuat kantuk. Sebaiknya, kita makan 1-2 jam sebelum memakai sepeda gunung kita. Tapi perlu diingat juga, jangan makan makanan yang berat sebelum gowes. Karena hal ini dapat membuat perut kita menjadi kekenyangan dan akhirnya kita menjadi ngantuk berat.

  1. Overtraining

Olahraga sepeda gunung yang berlebihan juga dapat membuat kita merasa ngantuk. Gowes hingga berjam-jam justru tidak baik buat tubuh kita, karena berolahraga yang melewati batas kemampuan tubuh (overtraining), dapat membuat nyeri sendi dan otot-otot kita menjadi sakit. Alhasil, karena otot bekerja terlalu keras, tubuh kita jadi merasa capai dan kita akan cepat mengantuk.

  1. Gowes setelah aktivitas yang padat

Tubuh kita mempunyai kapasitasnya masing-masing. Jika kita sudah menjalankan aktivitas yang begitu padat dan beratnya, jangan kita langsung gowes. Karena hal itu malah membuat tubuh kita sakit semua. Otot kita tidak boleh kita gunakan untuk bekerja melebihi batas kemampuan. Jika kita selalu paksakan, tubuh kita bakal terasa capai double dan kita pun menjadi ngantuk.

Yuk buat goweser yang sering ngantuk akibat bersepeda. Sudah tahu kan alasannya kenapa. Jadi jangan makan terlalu banyak/berat, overtraining, dan jangan gowes jika aktivitas seharian sudah padat.

 

BACA JUGA:  Tips bersepeda aman ke kantor